Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) menyatakan kesiapan mereka menggelar pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII yang akan digelar di Sumatera Barat pada 17-22 November 2022.

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri di Padang, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut akan dihadiri 10 ribu atlet dan ofisial dari 34 provinsi di Indonesia.

"Pembukaan POMNas diharapkan dapat dibuka oleh Menpora Zainudin Amali, selain itu Mas Menteri Nadiem Makarim juga akan datang saat pembukaan," kata dia.

Universitas Negeri Padang sendiri telah melakukan pembenahan salah satunya arena untuk cabang olahraga atletik mulai dari lintasan lari, lempar cakram, lempar lembing dan lainnya.

"Kita membuat sarana standar internasional dengan anggaran Rp19,7 miliar yang bersumber dari anggaran UNP yang merupakan universitas PTN BH," kata dia.

Selain itu kampus juga memiliki kolam renang standar internasional yang siap digunakan untuk pelaksanaan nantinya.

Dia mengajak seluruh mahasiswa dan civitas akademika untuk menjadi tamu yang baik menyambut seluruh peserta POMNas yang akan hadir di Sumbar.

"Jadilah tuan rumah yang baik dan sambut tamu dengan keramahtamahan," kata dia.

Baca juga: Menpora: POMNas 2022 momentum gairahkan sport tourism Sumatera Barat

Ia juga mengapresiasi Menpora Zainudin Amali yang hingga hari ini sudah dua kali melakukan peninjauan langsung yakni pada 25 Agustus lalu dan saat ini meresmikan Lapangan Atletik UNP pada Kamis (3/11).

"Kita berharap Menpora juga hadir nanti saat pembukaan karena tanpa beliau kegiatan ini akan hambar rasanya," kata dia.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengapresiasi Rektor UNP yang berani mengambil tantangan dalam mempersiapkan seluruh kebutuhan pelaksanaan ajang ini.

"Ini yang kedua kali saya ke sini dan kunjungan kali ini saya juga memberikan sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional kepada civitas akademik UNP serta pemahaman tentang Perpres 86 2021 tentang DBON," kata dia.

Sebelumnya Kemenpora merilis arena POMNas akan berpusat di Kota Padang yakni di UNP, GOR Haji Agus Salim Padang, Unand dan kampus lainnya anggota LLDIKTI X Sumbar.

Adapun 14 cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, renang, bulu tangkis, tenis, taekwondo, pencak silat, karate, tarung derajat, bola basket, bola voli, futsal, sepak takraw, pentaque, dan panjat tebing.

Baca juga: Menpora resmikan lintasan atletik internasional pertama di Sumbar

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022