Kita kasih pengetahuan dasar tariannya selama kurang lebih 15 menit mereka sudah bisa mengikutinya
Jakarta (ANTARA) - Pelaku seni Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan menggelar pelatihan Tari Sirih Kuning kepada kalangan muda dengan harapan seni budaya Betawi ini dapat terus lestari.

“Kami pilih mengajarkan Tari Sirih Kuning karena gerakannya simpel daripada tarian lain,” kata Instruktur Tari dan Seni Musik UPK PBB Setu Babakan Erik Herlanda saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Erik menjelaskan Tari Sirih Kuning merupakan tarian yang identik dilakukan berpasangan antara laki-laki dan perempuan, namun seiring berjalannya waktu para penari laki-laki mulai berkurang.

Hingga akhirnya Tari Sirih Kuning bisa dibawakan oleh seorang perempuan maupun berpasangan.

Tari Sirih Kuning biasanya ditampilkan bersama alunan musik gambang kromong.

Menurut Erik, tidaklah susah mengajarkan para siswa saat melatih tarian tersebut.

“Kita kasih pengetahuan dasar tariannya selama kurang lebih 15 menit mereka sudah bisa mengikutinya," ucap dia.

Senada dengan Erik, instruktur tari bernama Emma dalam kesempatan yang sama menambahkan, melatih Tari Sirih Kuning lebih mudah diajarkan kepada anak Sekolah Dasar (SD).

“Tantangan itu sebagian belum ada yg mengenal tari jadi harus mengenal terlebih dahulu, tapi sebagian ada yang sudah tahu karena ada ekstrakurikuler tari di sekolahnya,” tutur Emma.

Pada akhirnya, Erik menyampaikan pesannya kepada anak muda yang ingin lebih mengenal budaya Betawi khususnya tariannya yang begitu beragam.

“Kita harus kenal dan mencintai kesenian terlebih dahulu, kalau kita gak kenal maka tak sayang dan jangan malu untuk mengenal tradisi,” tutupnya.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan merupakan ruang reka cipta Budaya Betawi yang buka setiap hari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Untuk para siswa SD, SMP, dan SMA yang ingin berkunjung bisa mengirimkan surat elektronik (email) ke upkpbbsetubabakan@gmail.com atau hubungi 021-78893258.
Baca juga: Disbud DKI berharap anak muda lestarikan permainan tradisional Betawi
Baca juga: 10 siklus kehidupan masyarakat Betawi dipamerkan di Setu Babakan
Baca juga: Camat pastikan lalin Setu Babakan lancar meski ada helat anggota DPRD

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022