Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia merosot ke level terendah lebih dari enam bulan melewati 65 per dolar pada awal perdagangan Senin, dirugikan oleh harga minyak yang relatif rendah dan kekhawatiran bahwa sanksi terhadap minyak Rusia dapat mengurangi pendapatan ekspor negara itu.

Pada pukul 07.29 GMT, rubel melemah 1,3 persen terhadap dolar pada 65,45, nilai terlemah sejak 30 Mei. Rubel telah kehilangan 0,9 persen untuk diperdagangkan pada 69,70 versus euro, sebelumnya mencapai level terlemah sejak 27 Mei. Rubel juga turun 1,0 persen terhadap yuan menjadi 9,37, level terlemah sejak awal Agustus.

Harga minyak yang relatif rendah dan risiko pendapatan ekspor yang lebih rendah mengingat batas harga 60 dolar AS per barel pada minyak Rusia yang diberlakukan oleh G7, Uni Eropa dan Australia, telah memberikan tekanan pada rubel.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, naik 0,5 persen menjadi 79,5 dolar AS per barel, tetapi bulan ini telah diperdagangkan pada level terendah sepanjang tahun.

Pembayaran pajak akhir bulan yang akan datang, ketika eksportir mengubah pendapatan mata uang asing menjadi rubel untuk membayar kewajiban lokal, seharusnya menawarkan beberapa dukungan.

"Pandangan kami tentang minyak, pajak yang akan datang, dan dividen memungkinkan kami mempertahankan perkiraan kenaikan kecil dalam waktu dekat menjadi 63-64 per dolar AS," tulis Dmitry Polevoy, kepala investasi di Locko Invest, dalam sebuah catatan kepada klien.

Rubel hampir tidak bereaksi pada Jumat (16/12/2022), ketika bank sentral Rusia mempertahankan suku bunga utamanya pada 7,5 persen pada pertemuan terakhir tahun ini tetapi sedikit mengubah retorikanya untuk mengakui risiko inflasi yang meningkat, dengan mengatakan mobilisasi militer baru-baru ini menambah kekurangan tenaga kerja.

Indeks saham Rusia jatuh. Indeks RTS berdenominasi dolar tergelincir 1,8 persen menjadi diperdagangkan di 1.020,1 poin, level terendah dua bulan. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel diperdagangkan 0,6 persen lebih rendah pada 2.119,2 poin.


Baca juga: Rubel menguat menuju 62 per dolar, aset Rusia tertekan harga minyak
Baca juga: Rubel jatuh ke terendah 8-minggu vs dolar karena batasan harga minyak
Baca juga: Batas harga minyak dimulai, rubel jatuh terendah 7 minggu atas dolar

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022