Bengaluru, India (ANTARA) - Saham-saham Eropa datar pada awal perdagangan Jumat, karena kelemahan di beberapa perusahaan produsen barang-barang fesyen mewah dan saham teknologi diimbangi oleh kenaikan di perusahaan perawatan kesehatan.

Indeks STOXX 600 di seluruh kawasan turun tipis 0,03 persen pada pukul 08.10 GMT, tetapi naik 0,6 persen pada minggu terakhir sebelum Natal setelah dua minggu berturut-turut mengalami kerugian.

Indeks ditutup turun 1,0 persen pada Kamis (22/12/2022) setelah data AS menunjukkan pasar tenaga kerja yang ketat dan ketahanan ekonomi memicu kekhawatiran bahwa Federal Reserve perlu terus menaikkan suku bunga secara agresif lebih lama.

Di antara sektor STOXX 600, penambang terangkat 0,4 persen memimpin kenaikan hari ini, dikutip dari Reuters.

Tetapi, dorongan terbesar untuk STOXX 600 datang dari perusahaan perawatan kesehatan, yang naik 0,3 persen, dibantu oleh lonjakan 4,9 persen di Bavarian Nordic setelah pembuat vaksin itu menandatangani kontrak dengan Departemen Pertahanan AS.

Beberapa perusahaan produsen barang-barang fesyen mewah yang berfokus pada China seperti LVMH dan Kering menjadi penghambat indeks utama di tengah berita bahwa China memperkirakan puncak infeksi COVID-19 dalam seminggu.

Sektor teknologi merosot 0,3 persen, terhambat oleh kerugian saham chip seperti Aixtron dan ASML Holding.

Baca juga: Saham Asia tergelincir di tengah kekhawatiran Fed akan tetap "hawkish"
Baca juga: Saham Asia dibuka turun tertekan kekhawatiran Fed yang kian "hawkish"
Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat ditopang sektor energi dan keuangan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022