Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan menyiagakan ratusan personel gabungan untuk mengamankan Taman Margasatwa Ragunan demi menjaga ketertiban dan kenyamanan selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Sebanyak 280 personel gabungan siap berjaga demi menciptakan ketertiban dan kenyamanan masyarakat saat liburan," kata Kepala Seksi (Kasi) Humas Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Polisi Nurma Dewi di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Puluhan ribu pengunjung ramaikan Ragunan jelang Natal

Nurma merinci 280 personel gabungan tersebut terdiri dari 178 anggota Polri, 70 Satpol PP, 20 petugas Dinas Perhubungan, lima petugas Dinas Kesehatan DKI, dan tujuh petugas pemadam kebakaran.

Menurut dia, pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan pengelola Taman Margasatwa sehingga dapat dipastikan situasi keamanan di Taman Margasatwa Ragunan selama liburan Natal dan Tahun Baru dapat terkendali.

Adapun petugas nantinya tersebar di beberapa area Taman Margasatwa Ragunan mulai dari pintu masuk utama, pintu masuk barat dan timur hingga area dalam taman.

Nurma menuturkan pihaknya akan terus menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Jakarta Selatan serta memastikan masyarakat mematuhi peraturan yang ada.

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan tambah jalur joging bagi pengunjung

"Dengan banyaknya personel ini diharapkan situasi di Taman Margasatwa Ragunan berjalan kondusif dan tertib," harapnya.

Polres Metro Jakarta Selatan menyiapkan ribuan personel gabungan untuk pengamanan ibadah dan Natal 25 Desember 2022 pada sejumlah gereja di wilayah tersebut.

"Kami telah menyiapkan 1.246 personel gabungan dari Polda, Polres Jaksel, Polsek yang ada di Jakarta Selatan, pemadam kebakaran, TNI, Satpol PP, dan sejumlah organisasi masyarakat yang juga menawarkan diri," tutur Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Ardian Satrio Utomo saat dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Dijelaskan, nantinya sejumlah personel tersebut akan melakukan pengamanan di sekitar gereja mulai dari dalam gedung, halaman dan luar gedung.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan tukang parkir, warung, serta petugas keamanan berjaga di setiap gereja yang melaksanakan Natal.

Baca juga: Polisi tangkap pencuri cek Rp50 juta

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022