Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa memperpanjang kenaikan pada awal perdagangan Rabu, karena angka inflasi yang lebih rendah dari Prancis mendorong sentimen, sementara investor menunggu data aktivitas bisnis zona euro dan risalah dari pertemuan terakhir Federal Reserve (Fed) AS.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,5 persen pada pukul 08.08 GMT, sementara Indeks CAC 40 Prancis bertambah 0,8 persen.

Data awal menunjukkan inflasi di Prancis tergelincir pada Desember dari rekor tertinggi pada bulan sebelumnya, menambah banyak data yang menggembirakan minggu ini dari peningkatan angka manufaktur zona euro hingga perlambatan inflasi Jerman.

Indeks telah naik 2,7 persen sejauh pekan perdagangan pertama tahun ini.

Baca juga: Saham Prancis berbalik menguat, Indeks CAC 40 melonjak 1,87 persen

Fokus pada angka aktivitas bisnis zona euro Desember yang akan dirilis pada pukul 09.00 GMT setelah data bulan lalu menunjukkan penurunan untuk bulan kelima pada November, menunjukkan blok tersebut meluncur ke dalam resesi.

Investor juga menunggu risalah dari pertemuan terakhir The Fed untuk isyarat tentang jalur pengetatan kebijakan moneter bank sentral AS.

Sanofi naik tipis setelah perusahaan perawatan kesehatan Prancis itu mengatakan pihaknya mengharapkan hasil kuartal keempatnya yang akan dipublikasikan awal bulan depan, mencerminkan kenaikan dari pergerakan valuta asing dan penjualan vaksin flu.

Baca juga: Saham Eropa memulai 2023 dengan optimis, didorong data manufaktur
Baca juga: Dolar menguat di awal sesi Asia, ditopang pelambatan Inflasi Jerman

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023