Makassar (ANTARA) - Universitas Negeri Makassar (UNM) menjalin kerja sama dengan Open University Malaysia (OUM) yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dalam pengembangan Tridharma pendidikan.

Rektor UNM Prof Dr Husain Syam usai penandatanganan MoU di Gedung Rektorat Makassar, Kamis, menyambut hangat kerja sama tersebut.

"Kerja sama ini sangat baik untuk kedua belah pihak khususnya dalam pengembangan Tridharma pendidikan," ujarnya.

Nota kesepahaman itu menyepakati sejumlah program, seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penelitian dan publikasi bersama, penyelenggaraan konferensi, seminar, forum, lokakarya, pelatihan bersama, pertukaran mahasiswa dan/atau dosen, konsultasi di bidang e-learning, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Baca juga: UNM kampus pertama pelaksana Rekapreneur Kemendikbud

Baca juga: Tim Petanque UNM rebut emas dan perak kejurnas UNY


Prof Husain menuturkan kerja sama bertujuan untuk berbagi dan berkolaborasi dalam pengembangan institusi.

Ia menekankan agar kesepakatan kerja sama tersebut bisa segera diimplementasikan, sehingga masing-masing institusi yang terlibat mendapatkan manfaat untuk mendukung kemajuan pendidikan yang digelar.

"Kerja sama dalam pengembangan institusi, kita semua merasa bertanggung jawab sebagai bagian dari pengelola pendidikan untuk memberikan pendidikan sepanjang hayat," katanya.

President Chancellor OUM Prof Dr Ahmad Izanee Awang menyampaikan kedatangannya bersama tim ke Makassar menjadi awal yang baik untuk menjalin kemitraan strategis, yakni bertujuan kolaborasi akademik dan memperkenalkan program OUM dijalankan jarak jauh (Open Distance Learning)

"OUM sudah beroperasi selama 20 tahun dan mempunyai 16 jaringan dalam penawaran program akademik dari 13 negara. Apa potensi kolaborasi yang bisa dihadirkan antara UNM dan OUM," katanya.

Salat satu implementasi dari poin kerja sama tersebut ialah sistem pembelajaran sepanjang hayat menawarkan program-program seperti learning system, dan kolaborasi akademik dan memperkenalkan program OUM dijalankan jarak jauh (Open Distance Learning)

Pada kesempatan itu, turut hadir pada kesempatan tersebut para Wakil Rektor OUM dan para Wakil Rektor UNM.*

Baca juga: Mahasiswa UNM ciptakan alat deteksi dini puting beliung

Baca juga: UNM kukuhkan Wakil Ketua MPR Syarief Hasan sebagai profesor


Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023