Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa jatuh pada awal perdagangan Senin, terseret oleh kerugian Aurubis AG, produsen tembaga terbesar di benua itu, sementara kekhawatiran bahwa siklus kenaikan suku bunga global dapat bertahan lebih lama membuat investor gelisah.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,4 persen pada pukul 08.15 GMT, setelah mencatat kenaikan dua minggu berturut-turut karena optimisme bahwa Amerika Serikat dan zona euro kemungkinan akan menghindari resesi.

Semua indeks sektor, kecuali telekomunikasi, berada di zona merah. Sektor sumber daya dan teknologi dasar menanggung beban tekanan jual, masing-masing turun sekitar 1,0 persen.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun terpukul laba lemah dari raksasa teknologi AS

Aurubis AG anjlok 6,4 persen setelah membukukan penurunan laba kuartalan sekitar 24 persen karena tingginya harga energi dan inflasi.

Eurazeo tergelincir 0,8 persen setelah perusahaan ekuitas dan investasi Prancis itu menunjuk dewan eksekutif baru dan mengatakan kepala eksekutif saat ini, Virginie Morgon, akan meninggalkan perannya.

Sementara itu, Rovio Entertainment melonjak 13 persen setelah produser video game 'Angry Birds' itu mengatakan telah memulai pembicaraan awal yang tidak mengikat dengan pihak-pihak, termasuk Playtika Holding Corp, mengenai potensi penawaran tender.

Banco BPM, bank terbesar ketiga di Italia, naik hampir 1,0 persen terkait rencana untuk menghasilkan nilai lebih besar dalam jangka panjang dari bisnis pembayaran pengecernya saat mengeksplorasi opsi strategis untuk unit tersebut.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik didorong sektor teknologi, fokus keputusan ECB

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023