Jakarta (ANTARA) - Perkumpulan Bulu Tangkis (PB) Djarum melanjutkan tradisi dengan memberikan apresiasi berupa bonus kepada atlet berprestasi di berbagai kejuaraan nasional dan internasional bergengsi sepanjang tahun 2022.

Melalui Bakti Olahraga Djarum Foundation total bonus yang diberikan mencapai lebih dari Rp365 juta untuk 35 atlet U-17 dan U-19 serta atlet elite yang meraih gelar juara, serta berhasil tembus peringkat 50 besar dunia (BWF).

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation sekaligus Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, dalam seremoni pemberian apresiasi di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Selasa, mengatakan pemberian apresiasi ini merupakan upaya dalam memperkuat ekosistem bulu tangkis nasional.

Selain itu, pemberian apresiasi diharapkan menjadi lecutan motivasi agar para atlet dapat mendulang pundi-pundi prestasi yang lebih tinggi dan mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Baca juga: PB Djarum taruh asa besar kepada atlet baru hasil Audisi Umum 2022
Baca juga: The Babies makin termotivasi berprestasi berkat dua gelar beruntun


"Pemberian apresiasi ini merupakan salah satu bukti bahwa bulu tangkis merupakan profesi yang menjanjikan masa depan cerah sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para orang tua mendukung anak-anaknya berkarier di bidang ini," kata Yoppy.

"Dampak positifnya adalah akan lahirnya bibit-bibit baru pada masa mendatang yang menjadi pondasi dalam proses regenerasi bulu tangkis di Indonesia. Karena, bagaimana pun juga, regenerasi merupakan tulang punggung dalam ekosistem bulu tangkis nasional demi meningkatkan kejayaan bulu tangkis Indonesia di mata dunia,” ujarnya menambahkan.

Salah satu atlet muda PB Djarum yang memiliki prestasi berkilau sepanjang 2022 adalah Verrell Yustin Mulia yang bermain rangkap pada ganda taruna putra dan ganda campuran taruna. Dia sukses meraih sembilan gelar juara di turnamen tingkat nasional.

Tak hanya memberikan bonus bagi para atlet muda berprestasi, PB Djarum juga memberikan apresiasi bagi para atlet elite yang sukses meraih gelar juara di turnamen bergengsi serta menduduki 50 besar peringkat BWF.

Penghargaan diberikan kepada ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang menjuarai empat turnamen internasional yakni Denmark Masters 2022, Vietnam Open 2022, International Series 2022 di Yogyakarta, dan International Challenge 2022 di Malang.

Baca juga: Dejan/Gloria juarai ganda campuran IIC 2022

Dengan pencapaian tersebut, Dejan/Gloria berhasil menduduki peringkat 20 besar BWF pada Desember 2022. Peringkat mereka makin meroket dengan menduduki peringkat 15 besar dunia pada akhir Januari 2023.

Dalam kesempatan ini, PB Djarum juga memperpanjang kerja sama dengan Li-Ning selama dua tahun. Nantinya, Li-Ning bakal mendukung atlet termasuk apparel, peralatan, hingga dukungan untuk program pengiriman atlet ke luar kota dan luar negeri.

“Kami berharap dengan diperbaruinya kontrak kerja sama bersama Li-Ning, nantinya makin banyak pula atlet yang dapat berlatih dengan maksimal. Dengan demikian, PB Djarum akan terus mencetak atlet-atlet andal dan membawa bulu tangkis Indonesia makin menjulang di mata dunia,” pungkas Yoppy.

Baca juga: BNI berterima kasih telah dilibatkan kembangkan olahraga bulu tangkis

Berikut daftar atlet PB Djarum berprestasi sepanjang 2022:

Chiara Marvella Handoyo (Tunggal Taruna Putri): Rp4.200.000
Verrell Yustin Mulia (Ganda Campuran Taruna /Ganda Taruna Putra): Rp17.400.000
Priskila Venus Elsadai (Ganda Campuran Taruna): Rp8.850.000
Verrell Yustin Mulia/ Priskila Venus Elsadai (Atlet Muda Berprestasi Terbaik Tahun 2022): Rp25.000.000
Verrell Yustin Mulia/Priskila Venus Elsadai (Juara Kejurnas Perorangan Taruna PBSI 2022): Rp20.000.000

50 Besar Peringkat Dunia BWF 2022
​​
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Peringkat 20 Dunia – per Desember 2022): Rp180.000.000
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Peringkat 47 Dunia – per Desember 2022): Rp40.000.000
Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami (Peringkat 48 Dunia – per Desember 2022): Rp40.000.000

Atlet U-17 dan U-19 yang mendapat bonus dengan total Rp60.550.000
Varrell Yustin Mulia
Priskila Venus Elsadai
Titis Maulida Rahma
Moh. Zaki Ubaidillah
Chiara Marvella Handoyo
Jason Christ Alexander
Nikolaus Joaquin
Jessica Maya Rismawardani
Puspa Rosalia Damayanti
Bernadine Anindya Wardana
Muh. Putra Erwiansyah
Patra Harapan Rindorindo
Rinjani Kwinnara Nastine
Akbar Bintang Cahyono
Ardita Anjani
Dapa Lesmana
Darren Aurelius
Emanuel Joseph Surya Hartono
Ghian Rizqy Sofyan
Halim Hokiarto
Isyana Syahira Meida
Kartika Mayasari
Marsheilla Gischa Islami
Marwan Faza
Muhammad Voyage Afrisal Mahendra
Pulung Ramadan
Velisha Christina
Yuke Gamareza Radjasa

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023