Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa naik pada awal perdagangan Jumat, sesi perdagangan terakhir dari Maret yang bergejolak, karena investor menunggu laporan inflasi AS dan zona euro untuk petunjuk lebih lanjut tentang pergerakan suku bunga global di tengah berkurangnya kekhawatiran akan krisis perbankan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,2 persen pada pukul 07.07 GMT, menuju kenaikan kuartalan kedua berturut-turut. Namun, indeks berada di jalur untuk mengakhiri bulan sedikit lebih rendah.

Investor akan memantau dengan cermat perkiraan sekilas data inflasi zona euro, yang diperkirakan akan menunjukkan moderasi dalam pertumbuhan harga konsumen pada Maret secara tahunan.

Di antara sektor-sektor, ritel dan sumber daya dasar terus mempertahankan momentum yang solid, masing-masing naik 0,7 persen dan 0,8 persen.

Perusahaan teknik Swiss ABB naik 0,8 persen karena mengatakan akan meluncurkan pembelian kembali saham baru senilai 1 miliar dolar AS pada 3 April dengan niat untuk membeli hingga 30 juta sahamnya.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023