Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,3 persen lebih tinggi, setelah mencapai posisi tertinggi dalam lebih dari setahun minggu lalu
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Senin, karena investor bertaruh pada bank-bank besar AS yang terus membukukan hasil kuartalan kuat minggu ini, sementara juga menantikan berakhirnya siklus kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,3 persen lebih tinggi, setelah mencapai posisi tertinggi dalam lebih dari setahun minggu lalu, sementara indeks saham unggulan STOXX 50 mencapai puncak 22 tahun.

Penambang memimpin kenaikan sektoral, meningkat 1,6 persen, sementara saham teknologi tergelincir 0,6 persen.

Investor akan memantau dengan cermat laporan keuangan yang dipimpin oleh Goldman Sachs, Morgan Stanley dan Bank of America di kemudian hari.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik didorong harapan berakhirnya kenaikan bunga AS

Pekan lalu, Citigroup Inc, JPMorgan Chase & Co, dan Wells Fargo & Co mengalahkan ekspektasi laba, diuntungkan dari kenaikan suku bunga dan meredakan kekhawatiran akan tekanan dalam sistem perbankan.

Komentar dari pejabat Bank Sentral Eropa (ECB) termasuk Presiden Christine Lagarde juga akan berada di radar investor.

Saham Rovio melambung 17,8 persen setelah Sega Jepang setuju meluncurkan penawaran 706 juta euro untuk pembuat Angry Birds tersebut.

John Wood Group menambahkan 7,0 persen setelah memutuskan untuk terlibat dengan Apollo Management guna sebuah penawaran dari perusahaan private equity dengan harga pembelian akhir 240 pence per saham, yang menghargai grup sekitar 1,66 miliar pound (2,06 miliar dolar AS).

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik tipis menjelang data inflasi AS

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik, penambang imbangi kekhawatiran resesi AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023