Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada Kamis, menuju jeda panjang akhir pekan Paskah, karena saham pertambangan serta minyak dan gas membantu mengimbangi kekhawatiran perlambatan ekonomi AS yang dipicu oleh data yang lemah.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik tipis 0,3 persen, dengan indeks sektor sumber daya dasar memimpin kenaikan, menguat 1,1 persen, sementara saham telekomunikasi turun 0,7 persen.

Wall Street ditutup lebih rendah pada Rabu (5/4/2023) setelah data menunjukkan perusahaan swasta mempekerjakan jauh lebih sedikit pekerja dari yang diharapkan pada Maret.

Produksi industri Jerman naik secara signifikan lebih besar dari yang diharapkan pada Februari, sebagian karena manufaktur kendaraan, meningkat 2,0 persen dari bulan sebelumnya, dikutip dari Reuters.

Investor akan mencermati laporan pekerjaan utama AS pada Jumat (7/4/2023) untuk petunjuk lebih lanjut tentang prospek suku bunga global.

Credit Suisse naik 0,6 persen setelah Swiss menginstruksikan bank untuk membatalkan atau mengurangi semua pembayaran bonus bagi tiga tingkat manajemen teratas.

Baca juga: Saham Inggris dibuka menguat menjelang liburan Paskah
Baca juga: Saham Asia merosot terseret kekhawatiran resesi
Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah jelang data jasa-jasa zona euro

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023