Saham Eropa jatuh pada awal perdagangan Rabu, mengikuti kerugian semalam di Wall Street.
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa jatuh pada awal perdagangan Rabu, mengikuti kerugian semalam di Wall Street, karena kekhawatiran resesi muncul kembali di Amerika Serikat setelah data suram mengimbangi euforia awal dari perolehan laba yang solid oleh raksasa teknologi Microsoft dan Alphabet.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,4 persen pada pukul 07.10 GMT, terseret lebih rendah oleh saham sektor teknologi dengan penurunan 1,3 persen.

ASM International anjlok 10,0 persen, mencatat kerugian terbesar pada indeks, setelah pembuat peralatan semikonduktor Belanda itu melaporkan penurunan pesanan kuartal pertama, mengutip kondisi pasar yang melemah, meskipun pendapatan mengalahkan perkiraan.

Saham minyak dan gas terangkat 0,7 persen, mengikuti kenaikan harga minyak.

Penghasilan dari Microsoft Corp dan induk Google Alphabet Inc mengalahkan ekspektasi, tetapi kekhawatiran resesi di ekonomi terbesar dunia itu membuat sentimen investor rapuh.

Saham Standard Chartered PLC menguat 0,6 persen setelah laba sebelum pajak kuartal pertama bank Inggris itu melonjak 21 persen, mengalahkan ekspektasi.

Saab meningkat 1,9 persen, karena perusahaan pembuat peralatan pertahanan Swedia itu melaporkan kenaikan laba operasi untuk kuartal pertama dan mengisyaratkan permintaan yang solid.

Perusahaan perangkat lunak perbankan Swiss Temenos melonjak 8,8 persen setelah melaporkan pendapatan kuartal pertama di atas konsensus.

Investor akan memantau dengan cermat komentar dari sejumlah pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) yang akan berbicara di kemudian hari untuk petunjuk lebih lanjut tentang jalur pengetatan moneter bank sentral.
Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, investor bidik lebih banyak laba perusahaan
Baca juga: Saham di Eropa turun, investor pertimbangkan laporan laba emiten

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023