Banjarmasin (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan mengingatkan 15 cara untuk para calon jamaah haji menjaga mental dan ketahanan fisik saat menjalankan ibadah haji fase Arafah, Muzdalifah dan Mina atau disingkat Armuzna.
 
Petugas kesehatan kloter haji 2023 Dinas Kesehatan Kalsel dr Muhammad Iqbal Arief menyampaikan fase Armuzna merupakan rangkaian ibadah rukun haji yang sangat berat dilaksanakan, hingga calon jamaah haji harus menjaga kesehatan mental dan fisik agar lancar menjalaninya.
 
M Iqbal menyampaikan 15 cara untuk para calon haji yang harus dijalankan dan dilakukan saat berada di Arafah, Arab Saudi, yakni pertama lakukan makan teratur agar tubuh bertenaga dan tidak mudah sakit. "Perbanyak makan buah dan sayur," ujarnya.

Baca juga: Dinkes Kalsel sarankan lima cara jaga kebugaran calon haji Lansia
 
Yang kedua, ujar M Iqbal, minum satu gelas air antara 200--300 CC, setiap jam. "Jangan tunggu haus, saat Armuzna suhu diperkirakan akan semakin panas, hingga harus waspada akan kekurangan cairan atau bisa dehidrasi," ujarnya.
 
Sedangkan cara ketiga, kata M Iqbal, kurangi kegiatan fisik yang tidak perlu sebelum melaksanakan ibadah Armuzna atau puncak haji pada 8 hingga 13 Zulhijah 1444 H.
 
"Kita harus menyimpan tenaga untuk kegiatan Armuzna ini," ujarnya.
 
Selanjutnya, kata M Iqbal, kurangi aktivitas di luar tenda. Kelima, jika harus keluar tenda gunakan alat pelindung diri, seperti payung, masker, kacamata dan sendal yang nyaman."Jangan lupa juga bawa botol air minum, termasuk jika antre di toilet," ujarnya.
 
Keenam, bawa obat-obatan pribadi dan konsumsi teratur sesuai anjuran dokter. Ketujuh, konsultasikan kesehatan terlebih dahulu ke petugas kesehatan, khususnya yang berisiko tinggi sebelum berangkat ke Armuzna.

Kedelapan, selalu bawa dan konsumsi minuman oralit saat di Armuzna. Kesembilan, saling peduli dan menjaga anta- jamaah. Kesepuluh, tetap bersama dari berangkat hingga pulang.

Baca juga: Kemenag Kalsel: pelunasan biaya haji dibuka hingga 5 Mei 2023

Baca juga: Kuota haji Kalsel kembali sebanyak 3.818 orang

 
Kemudian, ketika di area Armuzna tidak naik ke tebing, bukit atau bebatuan, tidak berbaring di jalan atau kolong kendaraan yang terparkir. Ke-12, pilih rute melempar jumrah yang aman sesuai arahan petugas haji Indonesia. Ke-13, tidak memaksakan diri melempar jumrah jika kesehatan tidak memungkinkan.

Sementara yang ke-14, mengikuti waktu melempar jumrah yang ditetapkan dan ke-15 hati-hati menggunakan tangga berjalan atau eskalator di area Jamarat, karena jalan yang cukup curam. Angkat pakaian di atas mata kaki agar pakaian tidak terinjak atau terjepit eskalator.
 
Dia berharap 3.818 calon haji Kalsel yang diberangkatkan tahun ini bisa dilancarkan melaksanakan semua fase ibadah haji hingga pulang dengan selamat ke Tanah Air dan menjadi haji yang mabrur.

Pewarta: Sukarli
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023