Indeks STOXX 600 pan-Eropa meningkat 0,4 persen pada pukul 07.08 GMT, bersiap untuk mengakhiri minggu ini dengan kenaikan tipis
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Jumat, terangkat oleh tanda-tanda kemajuan dalam negosiasi plafon utang AS dengan indeks DAX Jerman melonjak ke level rekor tertinggi,

Indeks STOXX 600 pan-Eropa meningkat 0,4 persen pada pukul 07.08 GMT, bersiap untuk mengakhiri minggu ini dengan kenaikan tipis. Sektor pertambangan dan jasa keuangan menjadi pencetak kenaikan teratas di antara sektor-sektor Eropa.

DAX Jerman menguat 0,3 persen, setelah ditutup pada level terkuatnya di tahun 2023 pada Kamis (18/5/2023). Indeks kurang dari 100 poin di bawah level tertinggi sepanjang masa di 16.290,19 poin, yang dicapai pada November 2021.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat karena optimisme plafon utang AS

S&P 500 dan Nasdaq di Wall Street membukukan penutupan terkuat mereka dalam lebih dari delapan bulan pada Kamis (18/5/2023), didorong oleh optimisme yang meningkat bahwa kesepakatan plafon utang AS dapat dicapai dalam beberapa hari.

Data menunjukkan harga produsen Jerman naik sedikit lebih tinggi dari yang diharapkan menjadi 4,1 persen pada April secara tahunan, kemungkinan menjaga Bank Sentral Eropa (ECB) di jalur untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan Presiden ECB Christine Lagarde dijadwalkan akan berbicara pada diskusi panel terpisah di kemudian hari.

Baca juga: Saham Eropa melemah tertekan operator bursa, kegelisahan pagu utang AS

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah terseret ekuitas otomotif dan pertambangan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023