Bengaluru (ANTARA) - Saham di bursa Eropa sebagian besar tidak berubah pada pembukaan perdagangan Senin, karena kekhawatiran tentang kesepakatan plafon utang AS serta prospek kebijakan moneter AS dan Eropa membebani sentimen setelah pergerakan kuat di beberapa pasar kawasan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa datar setelah menyentuh level tertinggi lebih dari satu tahun pada Jumat (19/5/2023).

Sektor perbankan dan pertambangan termasuk di antara yang mencatat penurunan sektoral terbesar, sementara saham perawatan kesehatan naik.

Indeks saham-saham unggulan DAX Jerman tergelincir 0,1 persen setelah mencapai tertinggi sepanjang masa di sesi sebelumnya.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat terangkat kemajuan negosiasi pagu utang AS

Saham cip Eropa berada di bawah tekanan setelah regulator dunia maya China mengatakan bahwa produk yang dibuat oleh pembuat cip memori AS Micron Technology Inc telah gagal dalam tinjauan keamanan jaringannya dan akan melarang operator infrastruktur utama untuk membeli dari perusahaan tersebut.

Saham Infineon Technologies AG, STMicroelectronics NV dan ASM International NV tergelincir, sementara saham Micron yang tercatat di Frankfurt merosot 5,2 persen.

Novo Nordisk A/S terangkat 2,3 persen setelah penelitian menunjukkan mengonsumsi obat obesitas barunya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta meningkatkan penurunan berat badan.

Sementara itu, partai Demokrasi Baru yang berkuasa di Yunani meraih kemenangan telak dalam pemilihan parlemen pada Minggu (20/5/2023) tetapi gagal mencapai ambang yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan sendiri, membuat pemilihan putaran kedua dalam sebulan lebih mungkin dilakukan.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat karena optimisme plafon utang AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023