Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Senin, karena investor mendapatkan kenyamanan dari kesepakatan tentatif yang dicapai oleh anggota parlemen AS untuk menaikkan plafon utang dan mencegah gagal bayar.

Indeks saham zona euro STOXX 600 naik 0,4 persen pada pukul 07.15 GMT, dengan bank-bank blok diantara yang memperoleh keuntungan teratas. Volume perdagangan ringan, dengan pasar di Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa negara Eropa tutup.

Presiden AS Joe Biden pada Minggu (28/5/2023) menyelesaikan perjanjian anggaran dengan Ketua DPR Kevin McCarthy untuk menangguhkan plafon utang 31,4 triliun dolar AS hingga 1 Januari 2025, dan mengatakan kesepakatan itu siap untuk dibawa ke Kongres untuk pemungutan suara.

Saham SBB melonjak 6,2 persen setelah grup real estat Swedia yang sedang kesulitan itu mengatakan sedang memperluas tinjauan strategis yang sedang berlangsung, dan opsi dapat mencakup penjualan perusahaan, segmen bisnis, atau aset. Fitch pada Jumat (26/5/2023) memangkas peringkat kreditnya menjadi apa yang disebut status sampah, mengutip deleveraging yang tidak mencukupi.

Sementara itu, Presiden Turki Tayyip Erdogan memperpanjang dua dekade kekuasaannya dalam pemilu pada Minggu (28/5/2023), memenangkan mandat untuk mengejar kebijakan yang semakin otoriter, yang telah mempolarisasi negara dan memperkuat posisinya sebagai kekuatan militer regional.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat didorong sektor pertambangan dan teknologi
Baca juga: Saham Eropa dibuka datar setelah aksi jual, didukung pembuat cip
Baca juga: Saham Eropa dibuka merosot 1,0 persen karena risiko global memburuk

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023