Banjarmasin (ANTARA) -
Sebanyak 328 jamaah calon haji Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Barito Timur dan Lamandau dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diberangkatkan secara terpisah pada Senin dinihari.
 
"Ya, terpisah pesawat," ujar Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalsel Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Senin.
 
Dari keterangan PPIH Embarkasi Banjarmasin, keberangkatan pertama sebanyak 281 jamaah calon haji Kloter 5 pada pukul 04.15 WITA dengan pesawat Garuda GA8105 dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin ke Bandara Kualanamu, Medan Sumatera Utara.
 
Dijadwalkan sampai Kualanamu pada pukul 07.10 WITA, kemudian langsung diberangkatkan ke Madinah Arab Saudi diperkirakan pada pukul 11.35 Waktu Arab Saudi (WAS).
 
Sedangkan keberangkatan kedua sebanyak 47 jamaah calon haji Kloter 5 pada pukul 04.25 WITA dari Bandara Internasional Syamsuddin ke Bandara Kualanamu Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Kemenag minta maskapai lebih kooperatif informasikan penerbangan
Baca juga: Kemenag minta Garuda komitmen dengan jadwal penerbangan jamaah
 
Sebanyak 47 jamaah calon haji Kloter 5 ini kemudian terbagi dua lagi berangkat menunggu pesawat jamaah haji dari Embarkasi Solo, Jawa Tengah.
 
Keberangkatan pertama sebanyak 24 jemaah dengan nomor penerbangan GA6138 pukul 14.55 WIB dari Kualanamu menuju Madinah.
 
Kemudian pesawat yang kedua sebanyak 23 jemaah dengan nomor penerbangan GA6139 pada pukul 20.25 WIB dari Kualanamu menuju Madinah.
 
Sesuai keterangan PPIH Embarkasi Banjarmasin, tidak berangkatnya secara bersamaan karena pesawat Airbus 330 Garuda Indonesia yang biasa membawa jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah sedang dalam perbaikan.
 
Embarkasi Banjarmasin dijadwalkan memberangkatkan sebanyak 17 Kloter, yakni, 12 Kloter penuh dari Kalsel, empat Kloter penuh dari Kalteng dan satu Kloter gabungan Kalsel dan Kalteng.
 
Adapun jumlah jamaah calon haji dua provinsi tersebut, sebanyak 5.430 orang, dengan rincian, dari Kalsel sebanyak 3.818 orang ditambah 113 orang dan dari Kalteng sebanyak 1.590 orang.

Baca juga: 367 calon haji Riau diberangkatkan ke embarkasi Batam
Baca juga: Pekan ini jamaah Indonesia bergerak ke Makkah, fasilitas sudah siap
Baca juga: 355 calon haji Kloter 11 Padang Lawas-Sumut berangkat ke Madinah
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023