Indeks STOXX 600 pan-Eropa diperdagangkan datar di 459,78 poin
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa dibuka datar pada perdagangan Selasa, karena kekhawatiran kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh bank-bank sentral utama dalam menghadapi perlambatan pertumbuhan ekonomi diimbangi dukungan dari saham-saham perawatan kesehatan defensif.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa diperdagangkan datar di 459,78 poin. Di sesi sebelumnya, indeks turun karena data yang menunjukkan aktivitas bisnis AS yang lesu memicu aksi ambil untung menyusul kenaikan di minggu sebelumnya.

Komentar hawkish dari Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde dan Presiden Bundesbank Joachim Nagel pada Senin (5/6/2023) memperkuat ekspektasi untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut dari bank sentral pada Juni.

Pernyataan itu datang bahkan ketika pasar uang AS bertaruh pada Federal Reserve yang akan melewatkan kenaikan suku bunga bulan ini.

Saham sektor teknologi yang peka terhadap suku bunga turun 0,8 persen, memimpin kerugian sektoral hari ini, sementara saham perawatan kesehatan yang defensif bertambah 0,6 persen, demikian dikutip dari Reuters.

Baca juga: Saham Asia dibuka melemah, pedagang cerna opsi jeda suku bunga Fed
Baca juga: Saham China dibuka melemah, indeks Shanghai tergelincir 0,12 persen
Baca juga: Saham Inggris berakhir negatif, indeks FTSE 100 terkikis 0,10 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023