Indeks STOXX 600 di seluruh benua tergelincir 0,3 persen pada pukul 07.08 GMT
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa dibuka sedikit lebih rendah pada Kamis, karena Bank Sentral Eropa (ECB) diperkirakan menaikkan biaya pinjaman di kemudian hari, keputusan tersebut diambil setelah Federal Reserve AS memberi sinyal lebih banyak kenaikan.

Kerugian agak dibatasi oleh kenaikan saham H&M, yang mengangkat saham-saham pengecer setelah mengisyaratkan penjualan pada Juli, bulan pertama kuartal ketiga, dimulai dengan awal yang baik.

Indeks STOXX 600 di seluruh benua tergelincir 0,3 persen pada pukul 07.08 GMT. Pengecer Eropa terangkat 0,9 persen, dengan H&M Swedia melonjak 5,3 persen.

Baca juga: Saham Eropa dibuka datar jelang keputusan Fed

ECB diperkirakan meningkatkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 3,5 persen di kemudian hari, tingkat tertinggi dalam 22 tahun dan membiarkan pintu terbuka untuk kenaikan lebih lanjut guna memperluas pertempurannya melawan inflasi yang kuat bahkan saat ekonomi zona euro tertinggal.

The Fed mempertahankan suku bunga tidak berubah pada Rabu (14/6/2023) tetapi mengisyaratkan setidaknya kenaikan setengah poin persentase untuk biaya pinjaman hingga akhir tahun ini.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi menjelang keputusan suku bunga Fed

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat, fokus pertemuan bank-bank sentral

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023