Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Jumat.
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Jumat, dengan kenaikan dipimpin oleh ekuitas perawatan kesehatan yang defensif pada akhir pekan yang didominasi oleh keputusan kebijakan utama bank sentral.

Indeks STOXX 600 Eropa di seluruh benua menguat 0,2 persen pada pukul 07.17 GMT, dengan indeks perawatan kesehatan terangkat 0,5 persen.

STOXX 600 berakhir lebih rendah pada Kamis (15/6) setelah Bank Sentral Eropa (ECB) menaikkan biaya pinjaman dan mengisyaratkan lebih banyak pengetatan kebijakan dalam perjuangannya melawan inflasi yang kokoh, sehari setelah jeda hawkish Federal Reserve AS.

Sebaliknya, Bank Sentral Jepang (BoJ) mempertahankan kebijakan moneter ultra-longgar pada Jumat meskipun inflasi lebih kuat dari perkiraan, menandakan bank sentral itu akan tetap menjadi outlier dovish di antara bank-bank sentral global.

Saham teknologi yang sensitif terhadap suku bunga melemah 0,1 persen.

Saham perusahaan pemasok bahan bangunan terbesar Inggris Travis Perkins anjlok 7,4 persen ke dasar STOXX 600, setelah memperingatkan bahwa perolehan labanya akan terpukul oleh kesulitan di pasar perumahan negara itu.
Baca juga: Saham Eropa dibuka datar jelang keputusan Fed
Baca juga: Saham Eropa dibuka sedikit lebih rendah menjelang pertemuan ECB

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023