Indeks STOXX 600 pan-Eropa merosot 1,2 persen pada pukul 07.16 GMT, sedangkan indeks FTSE 100 Inggris tergelincir 1,2 persen
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa dibuka lebih rendah pada perdagangan Kamis, di tengah kekhawatiran berlanjutnya pengetatan kebijakan moneter, dengan saham London jatuh karena ketidakpastian tentang besarnya kenaikan suku bunga Bank Sentral Inggris (BoE) di kemudian hari.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa merosot 1,2 persen pada pukul 07.16 GMT, sedangkan indeks FTSE 100 Inggris tergelincir 1,2 persen.

BoE diperkirakan menaikkan suku bunga untuk ketiga belas kalinya berturut-turut, sehari setelah data inflasi kembali lebih tinggi dari yang diharapkan, tetapi taruhan hampir terbelah rata antara kenaikan 25 basis poin dan 50 basis poin.

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah terseret sektor real estat, ekuitas Inggris

Saham teknologi yang peka terhadap suku bunga terpangkas 1,2 persen, sementara penurunan 1,9 persen pada saham otomotif menyebabkan kemerosotan lebih luas.

Anggota parlemen AS pada Rabu (21/6/2023) malam mendesak Komisi Perdagangan Federal untuk menyelesaikan perlindungan konsumen baru bagi pembeli mobil meskipun ada keberatan dari diler mobil yang berpendapat aturan tersebut sebenarnya akan menaikkan biaya pembelian mobil.

Titik terangnya, saham SES SA melonjak 4,3 persen setelah perusahaan layanan komunikasi broadband satelit global itu mengatakan telah menghentikan pembicaraan merger dengan Intelsat.

Baca juga: Saham Eropa dibuka merosot dipimpin Jerman karena Lanxess anjlok

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, investor tunggu stimulus lebih lanjut China

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023