Indeks STOXX 600 pan-Eropa terkerek 0,2 persen pada pukul 7:03 GMT, memulai paruh kedua tahun ini dengan catatan positif
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Senin, karena bukti lebih lanjut dari pertumbuhan yang lemah di China mendukung harapan stimulus kebijakan, sementara Generali melonjak setelah Delfin diberi wewenang memegang lebih dari 10 persen saham perusahaan asuransi terbesar Italia.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terkerek 0,2 persen pada pukul 7:03 GMT, memulai paruh kedua tahun ini dengan catatan positif setelah membukukan kenaikan yang solid dalam enam bulan pertama.

Sektor pertambangan terangkat 1,1 persen karena sebagian besar harga logam naik di tengah harapan bahwa pemerintah China akan memberikan paket stimulus ekonomi yang lebih kuat setelah survei menunjukkan aktivitas pabrik negara itu melambat pada Juni.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi terangkat ekuitas H&M yang bersinar

Saham Assicurazioni Generali melonjak 4,3 persen setelah regulator asuransi Italia mengatakan telah mengizinkan investor Delfin untuk memegang saham lebih dari 10 persen di perusahaan tersebut.

Saham Tesla yang tercatat di bursa Frankfurst melambung 4,9 persen setelah pembuat kendaraan listrik (EV) itu mengalahkan perkiraan pengiriman kuartal kedua.

Fokus investor adalah pada data Indeks Manajer Pembelian (PMI) dari zona euro yang akan dirilis hari ini.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik karena data AS redakan kekhawatiran resesi

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik karena optimisme China angkat penambang

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023