Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,8 persen pada pukul 07.17 GMT
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa merosot hampir satu persen pada awal perdagangan Kamis, karena meningkatnya kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi dan kenaikan suku bunga lebih lanjut secara global merusak sentimen risiko, sementara pertempuran perdagangan yang meningkat antara China dan Amerika Serikat juga membebani.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,8 persen pada pukul 07.17 GMT, dipimpin oleh penurunan indeks konstruksi dan material, yang jatuh lebih dari satu persen.

Risalah Fed pada Rabu (5/7/2023) menunjukkan bahwa bank sentral bersatu setuju untuk mempertahankan suku bunga stabil pada pertemuan Juni guna mengulur waktu dan menilai kebutuhan untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut, bahkan ketika sebagian besar memperkirakan mereka pada akhirnya perlu memperketat kebijakan lebih lanjut.

Sementara itu, perjalanan pertama Menteri Keuangan AS Janet Yellen ke China akan berada di radar investor karena dia kemungkinan akan fokus pada kalibrasi ulang hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia itu setelah pembatasan baru Beijing pada ekspor beberapa logam memicu ketegangan.

Pesanan industri Jerman naik secara signifikan lebih dari yang diperkirakan pada Mei, karena pesanan kapal, pesawat ruang angkasa, dan kendaraan militer berskala besar.

Investor akan memantau dengan cermat hasil penjualan ritel zona euro yang akan dirilis pada pukul 09.00 GMT, dengan angka yang diperkirakan akan meningkat sebesar 0,2 persen pada Mei dibandingkan dengan fase tanpa pertumbuhan di bulan sebelumnya.

Embracer, menderita kerugian paling besar atau top loser dalam indeks, terpangkas 0,8 persen setelah grup game tersebut mengumpulkan 2 miliar krona Swedia (182 juta dolar AS) dalam penerbitan saham yang ditujukan kepada investor institusional.

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah tertekan kekhawatiran pertumbuhan China
Baca juga: Saham Eropa dibuka datar karena investor menahan diri

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023