Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Jaden Abdullah Usman Putra Ayus mengatakan bermain lepas menjadi kunci kemenangan pada laga pertama nomor perseorangan Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) 2023.

Pemain kelahiran 16 Januari 2005 itu memastikan tiket babak ketiga setelah mengalahkan wakil Hong Kong Chung Ching Cyrus di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Rabu, dengan skor 21-14, 21-18.

“Saya bermain lebih percaya diri. Sebisa mungkin bermain lebih lepas untuk meraih kemenangan,” ujar Jaden dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dengan kemenangan tersebut, Jaden selanjutnya berhadapan dengan wakil China Hu Zhen An. Unggulan ketiga asal Negeri Tirai Bambu itu lolos seusai mengalahkan tunggal putra asal Uni Emirat Arab Rishabh Kalidasan dengan skor telak 21-5, 21-2.

Sayang, langkah Jaden gagal diikuti tunggal putra Moh. Zaki Ubaidillah yang harus terhenti seusai menyerah dari pebulu tangkis Malaysia sekaligus unggulan ketiga Muhammad Faiq dengan skor 7-21, 19-21.

“Pada laga ini saya kurang bisa adaptasi dengan lapangan yang berangin. Saya mencoba untuk mengatasi hal tersebut sepanjang pertandingan. Saya sudah menampilkan permainan terbaik di turnamen ini,” ujar Zaki.

Baca juga: Aksi agresif Zidane berbuah kemenangan pembuka BAJC 2023

Sementara pada sektor putri Chiara Marvella Handoyo juga melangkah mulus ke babak ketiga setelah mengalahkan pebulu tangkis Uni Emirat Arab Nysha Omer Khan dengan skor 21-5, 21-6.

Chiara mengaku masih beradaptasi dengan kondisi arena pada laga perdana di nomor perseorangan tersebut. Angin yang berhembus membuat Chiara harus hati-hati dalam melancarkan serangan.

“Pada laga hari ini saya masih beradaptasi dengan kondisi angin yang berhembus kencang. Saya harus lebih siap lagi saat selesai menyerang,” kata Chiara.

Pada babak ketiga, dia akan menantang unggulan pertama asal Jepang Tomoka Miyazaki yang mengalahkan pebulu tangkis Vietnam Ngoc Van Lee dengan skor 21-8, 21-15.

Baca juga: Tunggal putri Indonesia Chiara pastikan tiket babak ketiga BAJC 2023
Baca juga: Indonesia keluar sebagai runner-up BAJC 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023