Saham Eropa jatuh pada awal perdagangan Senin....
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa jatuh pada awal perdagangan Senin, karena data ekonomi China yang lesu merobohkan saham-saham terkait komoditas, sementara grup produsen barang mewah Richemont merosot karena pertumbuhan penjualan organik yang lebih lemah dari perkiraan.

Indeks STOXX 600 Pan-Eropa tergelincir 0,5 persen pada pukul 07.06 GMT. Indeks acuan membukukan kenaikan hampir 3,0 persen pada minggu lalu, didorong oleh harapan bahwa Federal Reserve AS dapat segera mengakhiri menaikkan suku bunganya.

Data pada Senin mengisyaratkan ekonomi China tumbuh pada kecepatan yang lemah di kuartal kedua, karena permintaan yang lebih lemah, menyebabkan penurunan harga-harga komoditas, yang menyeret penambang dan perusahaan energi masing-masing turun 1,6 persen dan 0,8 persen.

Saham Richemont anjlok hampir 7,0 persen setelah perusahaan barang-barang fesyen mewah terbesar kedua di dunia itu melaporkan kenaikan 19 persen dalam penjualan organik triwulanannya, tetapi jauh dari perkiraan para analis.

Saham perusahaan produsen barang-barang fesyen mewah yang memiliki eksposure ke China lainnya, seperti LVMH, Hermes, dan Kering merosot antara 2,0 persen hingga 2,7 persen.
Baca juga: Saham Eropa dibuka sedikit menguat, data beragam batasi keuntungan
Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih rendah tapi incar minggu terbaik tiga bulan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023