Indeks STOXX 600 pan-Eropa diperdagangkan datar
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa stabil mendekati level tertinggi lima minggu pada awal perdagangan Selasa, dengan ekuitas penambang dan barang-barang fesyen mewah memimpin setelah China menjanjikan lebih banyak dukungan untuk ekonominya yang melambat, tetapi laporan pendapatan yang beragam membatasi kenaikan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa diperdagangkan datar pada pukul 07.09 GMT setelah saham Asia menguat di tengah tanda-tanda lebih banyak stimulus yang akan fokus pada peningkatan permintaan domestik di China.

Sektor pertambangan melonjak 2,3 persen untuk memimpin kenaikan di Eropa karena harga logam naik di tengah harapan peningkatan permintaan dari konsumen utama China.

Saham produsen barang-barang fesyen mewah seperti LVMH dan Richemont, yang memiliki eksposur luas ke China, masing-masing terangkat lebih dari 1,0 persen.

Remy Cointreau melonjak 5,0 persen setelah kelompok produsen minuman keras Prancis itu mengatakan pihaknya mengandalkan rebound tajam dalam penjualan di AS dari kuartal ketiga.

Unilever bertambah 5,1 persen setelah raksasa kebutuhan konsumen itu melaporkan pertumbuhan penjualan triwulanan yang lebih baik dari perkiraan karena kembali menaikkan harga untuk menutupi biaya yang lebih tinggi.

Namun, Bayer tergelincir 2,6 persen karena pembuat obat-obatan dan pestisida Jerman itu memangkas prospek pendapatan setahun penuh dan mengumumkan penurunan nilai 2,5 miliar euro (2,8 miliar dolar AS) karena penurunan lebih lanjut dalam permintaan untuk pembunuh gulma berbasis glifosat.

DSV Denmark merosot 4,1 persen, bahkan ketika perusahaan pengiriman barang terbesar ketiga di dunia itu menaikkan panduan laba setahun penuh.

Baca juga: Saham Inggris dibuka lebih tinggi terangkat sektor pertambangan
Baca juga: Saham Asia dibuka menguat setelah China janjikan dukungan ekonomi
Baca juga: Saham Eropa dibuka jatuh, imbas ketidakpastian hasil pemilu Spanyol

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023