BNP Paribas bertambah 2,3 persen setelah bank terbesar di zona euro itu mengalahkan perkiraan para analis untuk laba bersih pada kuartal kedua
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa naik pada awal perdagangan Kamis, karena para pedagang bereaksi terhadap laporan pendapatan pagi yang sibuk dan menunggu keputusan kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) setelah Federal Reserve AS menaikkan suku bunga seperti yang diharapkan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa menguat 0,4 persen pada pukul 07.13 GMT, menyusul reli di saham Asia di tengah optimisme siklus pengetatan moneter AS telah berakhir setelah Fed pada Rabu (26/7/2023) menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin ke kisaran 5,25 persen-5,50 persen.

ECB diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk kesembilan kalinya berturut-turut pada Kamis dan tetap membuka pintu untuk langkah lebih lanjut. Keputusan ECB akan diumumkan pada pukul 12.15 GMT.

Di hari sibuk laporan pendapatan, Nestle naik 1,2 persen setelah perusahaan makanan kemasan terbesar di dunia itu meningkatkan prospek penjualan organik setahun penuh dan melaporkan penjualan organik paruh pertama yang lebih baik dari perkiraan ketika kembali menaikkan harga.

BNP Paribas bertambah 2,3 persen setelah bank terbesar di zona euro itu mengalahkan perkiraan para analis untuk laba bersih pada kuartal kedua.

Safran naik 1,4 persen setelah pembuat mesin jet itu menaikkan perkiraan laba dan arus kas, sementara Airbus turun 1,9 persen setelah pembuat pesawat ini menghapus target industri sementara di tengah upaya untuk mencatat rekor produksi jet.

Volkswagen merosot 3,6 persen setelah pembuat mobil Jerman itu menurunkan prospek pengiriman 2023, sementara Renault turun 0,8 persen bahkan ketika pembuat mobil Prancis itu membukukan margin operasi tertinggi 7,6 persen untuk paruh pertama tahun 2023.

Operator call-centre Prancis Teleperformance anjlok 10,9 persen setelah menurunkan target pertumbuhan pendapatan setahun penuh dan pembicaraan seputar penerapan teknologi AI generatif.

Baca juga: Saham Eropa dibuka jatuh ketika investor cerna pendapatan perusahaan
Baca juga: Saham Eropa dibuka stabil, pendapatan beragam imbangi stimulus China

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023