Kami telah mendengar beberapa pembuat kebijakan ECB mengungkapkan peningkatan kehati-hatian atas prospek pertumbuhan...
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa secara luas datar pada awal perdagangan Senin, menjelang data yang diharapkan menunjukkan inflasi zona euro mereda pada Juli, kemungkinan mendukung pandangan bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) akan menahan kenaikan suku bunga lagi bulan depan.

STOXX 600 pan-Eropa berupaya mencari arah, mundur dari tertinggi hampir 1,5 tahun yang disentuh minggu lalu.

Menyeret indeks ke bawah, Heineken anjlok 4,8 persen setelah pembuat bir terbesar kedua di dunia berdasarkan volume itu memangkas perkiraan pertumbuhan laba 2023 setelah perlambatan ekonomi di Vietnam menekan pendapatan semester pertama lebih dari yang diharapkan.

Pembuat minuman keras lainnya Diageo dan Anheuser-Busch Inbev masing-masing turun sekitar satu persen.

Investor tampaknya tetap berada di luar pasar menjelang data inflasi kawasan euro, yang diharapkan menunjukkan bahwa pertumbuhan harga turun menjadi 5,3 persen pada Juli dari 5,5 persen setahun sebelumnya. Laporan inflasi serta data PDB kuartal kedua akan dirilis pada pukul 09.00 GMT.

"Dengan ECB menunjukkan bahwa jeda mungkin akan datang ketika dewan gubernur bertemu pada September, kilasan IHK UE terbaru hari ini untuk Juli dapat melangkah lebih jauh dalam memperkuat narasi tersebut setelah perlambatan inflasi Jerman pada Jumat (28/7/2023)," Michael Hewson, kepala analis pasar di CMC Markets mengatakan dalam sebuah catatan.

"Kami telah mendengar beberapa pembuat kebijakan ECB mengungkapkan peningkatan kehati-hatian atas prospek pertumbuhan, yang tampaknya menahan antusiasme untuk tindakan suku bunga yang lebih agresif."

ECB menaikkan suku bunga untuk kali kesembilan berturut-turut minggu lalu, tetapi membiarkan pintu terbuka untuk jeda pada September karena tekanan inflasi menunjukkan tanda-tanda tentatif pelonggaran dan kekhawatiran resesi meningkat.

Tanda-tanda meredanya inflasi di Amerika Serikat dan Jerman, beberapa laba yang optimis dan harapan bahwa Federal Reserve dan ECB mendekati akhir dari siklus pengetatan mereka, telah mendorong reli di pasar dalam beberapa pekan terakhir.

DAX Jerman menyentuh rekor tertinggi pada Jumat (28/7/2023), sementara FTSE MIB blue-chips Italia mencapai level terkuat sejak 2008 pada Kamis (27/7/2023).

Meskipun mengalami penurunan ringan pada Senin, STOXX 600 tampaknya bersiap untuk kenaikan bulanan kedua berturut-turut.

Indeks bank zona euro naik tipis 0,2 persen setelah hasil stress test tahunan Otoritas Perbankan Eropa (EBA) menunjukkan tiga dari 70 bank dari Uni Eropa gagal memenuhi persyaratan modal yang mengikat.

Novo Nordisk terangkat 2,1 persen saat meluncurkan obat penurun berat badan Wegovy di Jerman, pasar besar Eropa pertamanya.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun karena pendapatan beragam, imbal hasil naik
Baca juga: Saham Eropa dibuka naik di tengah laporan pendapatan dan keputusan ECB

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023