Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjalin kerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan penguatan wawasan kebangsaan.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatanganan naskah memorandum of understanding (MoU) oleh Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani dan Gubernur Lemhanas, Andi Widjayanto, S Sos, MSi, PhD di Kampus UMSU di Medan, Rabu.
 
Selain peningkatan kualitas SDM dan penguatan wawasan kebangsaan, kerja sama tersebut juga terkait penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dalam penguatan wawasan kebangsaan, dan peningkatan kapasitas SDM.

Baca juga: Mahasiswa UMSU bangun Kampung Iklim Terpadu di Desa Sei Tuan

Penandatanganan MoU ditandai dengan kuliah umum dengan tema "Geo V X Pancasila," dengan narasumber Gubernur Lemhanas.

Gubernur Lemhanas, Andi Widjayanto dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa Geo Politik merupakan mandat yang diberikan Soekarno ketika mendirikan Lemhannas untuk menyiapkan kepimpinan nasional.

Gubernur Lemhannas juga menyampaikan soal bonus demografi dan beban demografi yang akan dihadapi Indonesia ke depannya. “Kalau kita tidak mengelola ini dengan baik, beban demografi itu akan menjadi tuntutan bagi kita.” ujar Andi.

Selain itu, soal Indonesia yang sesungguhnya negara maritim, namun kurang memaksimalkan potensi sumber daya lautan.

"Saya mengunjungi beberapa daerah yang memiliki pantai, tapi sajian makanan khasnya justru ayam, kambing, bukan olahan hasil laut (sea food)," katanya.

Sementara itu, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani pada sambutannya mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini merupakan inisiatif Fakultas Hukum dan kolaborasi yang seringkali diterapkan oleh UMSU

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan kunjungan ini memberikan manfaat kepada UMSU dan Muhammadiyah,” ujar Prof. Agussani.

Baca juga: UMSU jalin kerja sama internasional dengan MQA Malaysia  

Baca juga: UMSU tingkatkan mutu akademik agar mampu bersaing di kancah global

Dia berharap kehadiran Gubernur Lemhannas dapat memberikan pencerahan kepada peserta yang hadir tentang Geo Politik dan MoU yang telah ditandatangani tidak hanya sebatas di atas kertas, tapi dapat berlanjut melalui Dekan Fakultas Hukum UMSU.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Agussani juga memperkenalkan UMSU sebagai kampus terakreditasi unggul di Sumatera Utara yang memiliki Observatorium Ilmu Falak (OIF) dan Program Studi Ilmu Falak.

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023