Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa mencapai level tertinggi dalam satu minggu pada awal perdagangan Kamis, dengan pembuat cip mengangkat sektor teknologi setelah pemimpin industri Nvidia jauh melampaui ekspektasi dengan perkiraan pendapatan kuartalannya, dan seiring dengan penurunan imbal hasil obligasi juga meningkatkan sentimen risiko.

Pada pukul 07.07 GMT, indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 1,0 persen, dibuka lebih tinggi untuk sesi keempat berturut-turut.

Saham-saham teknologi melonjak 1,8 persen dengan pembuat cip memimpin kenaikan setelah Nvidia, pembuat cip paling berharga di dunia, memproyeksikan pendapatan kuartalan lebih tinggi dari perkiraan dan juga mengumumkan program pembelian kembali saham.

Saham ASM International, BE Semiconductor, ASML Holding dan Aixtron termasuk di antara saham-saham yang mengalami kenaikan awal, terangkat antara 2,5 persen dan 3,5 persen.

Pengecer Eropa bertambah 1,3 persen setelah jatuh lebih dari 1,0 persen di sesi sebelumnya.

Peningkatan lebih lanjut ditopang oleh penurunan imbal hasil obligasi di seluruh Eropa, dengan imbal hasil obligasi Jerman, yang dianggap sebagai acuan di kawasan ini, turun menjadi 2,46 persen.

Di antara saham-saham individu, Symrise terdongkrak 2,5 persen setelah Morgan Stanley meningkatkan peringkat saham perusahaan pembuat rasa dan wewangian Jerman itu menjadi "overweight" dari "underweight".

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat dipimpin penambang, perawatan kesehatan
Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi didorong reli produsen cip

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023