Jakarta (ANTARA) - Ajang Jakarta Marathon 2023 siap menghadirkan pengalaman baru dalam berlari jarak jauh hingga mempertandingkan sejumlah kategori termasuk Maratoonz yang ditujukan untuk pelari cilik.

“Tahun ini ada lima kategori, yaitu marathon (42,2 km), half marathon (21,1 km), marathon 10K, marathon 5K, dan kids maratoonz untuk mengenalkan marathon kepada anak-anak,” kata Race Director Jakarta Marathon 2023 Donny Tjahyadikarta dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, Donny mengatakan acara yang akan digelar pada 22 Oktober ini juga mengusung tiga poin penting dalam pelayanan yang ditingkatkan untuk para pelari yang berpartisipasi.

Poin pertama adalah dengan meningkatkan standarisasi penyelenggaraan dan lomba. Donny mengatakan, penyelenggara bertekad untuk memberikan pengalaman lari yang lebih baik, dimana beberapa aspek perbaikan akan mencakup kualitas jersey lari, paket lomba (race pack), sistem antrean yang lebih nyaman dan teratur dan penyediaan fasilitas-fasilitas untuk pelari di lokasi.

“Memastikan setidaknya hampir lima jam rute lomba yang nyaman, rambu-rambu yang jelas, marshal yang cakap, dan instruksi yang konsisten di rute akan menjadi bagian integral dari acara tahun ini,” kata Donny.

Baca juga: Pemprov DKI promosikan MRT lewat ajang Jakarta Half Marathon 2023

Lebih lanjut, pada semua aspek teknis penyelenggaraan lomba, penyelenggara akan mengikuti panduan yang diberikan oleh federasi.

Poin kedua adalah mengedepankan tanggung jawab lingkungan. Donny menuturkan Jakarta Marathon 2023 dicanangkan sebagai ajang lari carbon-neutral pertama di Indonesia termasuk dengan penggunaan kendaraan listrik untuk memastikan transportasi nir-emisi.

Selanjutnya, semua sampah, akan dikelola secara berkelanjutan dan bertanggung jawab oleh mitra terkait. Kemudian, untuk pertama kalinya, jejak karbon dari setiap pelari dan operasional penyelenggaraan akan dihitung dan di-offset oleh mitra terkait.

Poin terakhir adalah jaminan keselamatan untuk pelari. Donny menilai, dengan memprioritaskan keselamatan peserta, langkah-langkah komprehensif telah diadopsi.

Inisiatif pra-lomba meliputi pelatihan ekstensif untuk tim medis dan marshal. Pada hari pelaksanaan lomba, penyelenggara memastikan keselamatan masing-masing pelari mendapat perhatian yang menyeluruh, dari asuransi, petugas kesehatan berlisensi akan ditempatkan secara strategis di sepanjang rute.

“Dengan langkah-langkah komprehensif kesehatan tersebut, kami berusaha untuk memberikan pelayanan medis di atas standar yang biasa kami lakukan dan berharap dapat menjadikan Jakarta Marathon sebagai lomba lari dengan risiko terendah di Indonesia,” kata Medical Director Jakarta Marathon 2023 dr Andi Kurniawan, Sp.KO.

Pendaftaran peserta Jakarta Marathon 2023 masih dibuka untuk umum sesuai dengan pilihan kategori yang diinginkan. Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran tersedia di laman resmi Jakarta Marathon 2023.

Baca juga: Triyaningsih bagikan tips buat pelari pemula sebelum ikuti marathon

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023