CTO’s Corner: Mengatasi Lingkup Keamanan Siber yang Berkembang Bersama Tim Liu
 
Santa Clara, Calif.--(ANTARA/Business Wire)-- Hillstone Networks adalah penyedia solusi keamanan siber yang terkemuka. Hillstone Networks telah menerbitkan ulasan tahunan dari CTO’s Corner. Lingkup keamanan siber tahun 2024 siap menghadapi perubahan signifikan, dengan berbagai tantangan maupun peluang. Para pakar industri dengan cermat memantau beberapa tren utama yang rentan terhadap kemungkinan ancaman dan mereka juga mengamati berbagai strategi TI yang inovatif untuk mengatasinya. CTO Tim Liu membagikan tren teratas untuk tahun 2024:

Dampak AI Terhadap Keamanan Siber

Lonjakan penggunaan kecerdasan buatan (AI) yang dipercepat oleh masuknya ChatGPT dan teknologi AI lain di tahun 2023 terus mengubah keamanan siber. AI menjanjikan peningkatan kreativitas, produktivitas, dan alur kerja secara umum, namun juga sejumlah ancaman baru. Sifat AI yang sulit dikendalikan dan berbagai peraturan yang terus berubah menimbulkan kekhawatiran akan keamanan data. Kerentanan AI terhadap penggunaan phishing dan rekayasa sosial yang didukung berbagai taktik lebih canggih, semakin memperumit lingkup keamanan siber. Karena AI kian mudah diakses, perlu dipertanyakan potensinya untuk tujuan baik dan jahat, dan kita harus selalu mewaspadai dampaknya.

Tantangan Keamanan Komputasi Awan

Penggunaan komputasi awan terus berlanjut, sebagian didorong oleh tuntutan inisiatif AI perusahaan. Namun model tanggung jawab bersama atas keamanan dan kepatuhan komputasi awan tidak dipahami semua orang, khususnya di tingkat pejabat eksekutif dan dewan direksi. Berbagai masalah seperti keamanan komputasi awan yang dikelola TI dan lengahnya pengawasan oleh tim TI berpengalaman turut berperan pada tantangan keamanan komputasi awan yang masih terjadi.

Memperluas Permukaan Serangan

Perkembangan perangkat edge, termasuk perangkat IoT, fasilitas yang terhubung ke 5G, dan kendaraan listrik network-interfacing cepat memperluas lingkup ancaman keamanan siber. Pertahanan jaringan tradisional harus berubah agar dapat mencakup permukaan serangan dan titik masuk baru ini, jadi harus ada pendekatan komprehensif terhadap keamanan siber.

Faktor Manusia dalam Keamanan Siber

Di tengah fokus pada AI, komputasi awan, dan endpoint, faktor manusia tetap menjadi sejumlah serangan umum. Insiden keamanan siber sering diakibatkan oleh tindakan manusia, sehingga perlu menekankan pentingnya praktik keamanan dasar. Pembaruan berkala, pelatihan staf, dan manajemen yang selalu waspada sangatlah penting untuk mencegah ancaman siber. Jadi jelas bahwa keamanan siber adalah masalah manusia sekaligus masalah teknologi.

Transformasi Keamanan & Kepercayaan Digital

Karena bisnis semakin bergantung pada transaksi digital, membangun dan memelihara kepercayaan digital menjadi keharusan. Strategi keamanan siber berkontribusi pada kepercayaan digital, dengan menekankan postur keamanan menyeluruh dan praktik yang terus berubah seperti Security Operations (SecOps). Alat-alat seperti SIEM dan XDR berperan penting dalam peralihan dari kondisi sebelum kebocoran ke pasca kebocoran, dengan berfokus pada deteksi, respons, dan mitigasi. Tren yang muncul seperti SASE dan SSE semakin mempertegas perlunya pendekatan keamanan yang terpadu dan terintregasi.

Lingkup keamanan siber tahun 2024 menuntut penyesuaian dan inovasi berkelanjutan. Di saat teknologi berkembang dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, perusahaan harus tetap waspada, memprioritaskan langkah-langkah keamanan yang berpusat pada manusia, dan menerapkan strategi keamanan menyeluruh agar mampu mengatasi lingkup ancaman yang terus berkembang.

Selamat Hari Libur dari Hillstone Networks.

Tentang Hillstone Networks

Hillstone Networks adalah perusahaan terdepan di bidang keamanan siber, yang memberikan perlindungan mendalam dan luas kepada semua ukuran perusahaan, mulai dari komputasi edge hingga komputasi awan, dan di seluruh beban kerja. Pendekatan Keamanan Siber Integratif Hillstone Networks menyediakan perlindungan, kontrol, dan konsolidasi bagi lebih dari 26.000 perusahaan di seluruh dunia. www.hillstonenet.com.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Zeyao Hu
+1 4085086750

Sumber: Hillstone Networks

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023