Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman pelbagai berita peristiwa humaniora di Indonesia kemarin (Kamis, 14/3) yang penting untuk diketahui, mulai dari gugurnya seorang personel Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Papua saat bertugas, hingga keberadaan tiga bibit siklon tropis sekaligus di atmosfer yang picu peningkatan potensi cuaca ekstrem di Indonesia.

 

Personel SAR gugur saat evakuasi warga yang akan bunuh diri di Sentani Papua

Tri Sudarno, anggota SAR Jayapura, Rabu kemarin gugur saat berupaya mengevakuasi Theopilus Yaboisembut (20) yang diduga mencoba bunuh diri dengan naik tower Telkomsel di kawasan Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Papua.

 

Jepang salurkan hibah Rp706 juta untuk fasilitas kesehatan Kupang-NTT

Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia menyalurkan dana hibah sebesar Rp706,3 juta melalui skema “Hibah Grassroots untuk Keamanan Manusia” untuk perbaikan fasilitas kesehatan di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

 

Pemerintah antisipasi kebakaran hutan, lakukan TMC di wilayah rawan

Pemerintah memulai langkah antisipasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan termasuk melakukan modifikasi cuaca di daerah rawan mengingat masih terjadi potensi kebakaran uang diprakirakan berlangsung mulai Juli-September 2024.

 

Aktivitas penyeberangan Situbondo-Madura-Lembar tutup sementara

Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo, Jawa Timur, ditutup sementara untuk aktivitas penyeberangan dari Situbondo-Madura dan Situbondo-Lembar setelah mendapatkan peringatan cuaca buruk dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

 

BMKG: Bibit siklon tropis perpanjang potensi cuaca ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat berujung kebencanaan meningkat di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan dipicu akibat adanya intervensi bibit siklon tropis. Baca selengkapnya untuk tahu daerah mana yang akan terdampak cuaca ekstrem ini.

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024