sudah terlibat menurunkan angka stunting di Kepulauan Seribu
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menggelar pertemuan dengan jajaran untuk mengevaluasi penanganan gizi balita dalam upaya mengatasi stunting di wilayah tersebut.

"Indikator keberhasilan suatu wilayah sangat ditentukan penanganan stunting. Maka kita perlu adanya evaluasi setiap satu bulan sekali. Ini sangat perlu," kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi saat rapat yang bertajuk "Exit Meeting Hasil Evaluasi Akselerasi Penurunan Stunting" di Jakarta, Senin

Menurut dia sebagai daerah kepulauan yang penduduknya memiliki mata pencaharian nelayan, angka stunting seharusnya bisa turun mengingat sumber daya alamnya yang kaya protein.

Menurut dia penting untuk memperbanyak kerja sama  memanfaatkan dana tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) perusahaan serta merangkul pejabat untuk menjadi orang tua asuh

"Alhamdulillah sudah terlibat menurunkan angka stunting di Kepulauan Seribu," kata dia.

Berdasarkan Prevalensi Status Gizi Balita menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta, Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kasus stunting di Kabupaten Kepulauan Seribu sudah turun menjadi 18,6 persen.

Ia mengatakan pada 2023 angka stunting tercatat 135 terdiri atas 16 anak di Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari 16 anak, Kelurahan Pulau Untung Jawa 5 anak.

Untuk Kelurahan Pulau Panggang 38 anak, Kelurahan Pulau Kelapa 42 anak dan Kelurahan Pulau Harapan 18 anak.

"Penurunan angka stunting ini juga melibatkan petugas kesehatan puskesmas, RT/RW, kader PKK dan kader posyandu, yang mana setiap bulan ada pemeriksaan di posyandu balita," kata dia

Dirinya berharap dengan adanya sejumlah program pemerintah ini dapat mempercepat penurunan angka stunting di wilayahnya dengan memberikan tambahan makanan bergizi kepada anak terindikasi mengalami gagal tumbuh.

"Saya minta ada komitmen bersama, mulai dengan pemberian makanan ini dilakukan tiap bulan dan dilakukan pemantauan berat badan maupun kesehatannya," kata dia.
Baca juga: Warga pulau terluar Kepulauan Seribu nikmati layanan internet gratis
Baca juga: Kepulauan Seribu perkenalkan destinasi wisata kepada pembuat konten
Baca juga: Bawaslu Kepulauan Seribu beri pembekalan kepada Panwascam

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024