Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Bunga Citra Lestari yang kerap disapa BCL mengaku terbantu dengan kecanggihan teknologi untuk mencari tahu bahkan mengatasi sejumlah masalah kesehatan.

"Dengan kecanggihan teknologi bantu aku secara personal. Memang bisa mencari di internet. Suatu gejala berkaitan dengan penyakit apa. Tapi enggak tahu source-nya. Sekarang berkomunikasi secara langsung dengan dokter (via aplikasil)," ujar dia dalam kampanye #TanyaDokterAsli di Jakarta, Kamis.

Menurut pemeran Ainun dalam film "Habibie & Ainun" itu kesibukannya di luar rumah terkadang tak bisa memonitor kondisi putranya, Noah. Apalagi membawa sang putra ke dokter kala mengalami gejala penyakit tertentu.

"Buat aku sebagai wanita karir sekaligus istri dan ibu, enggak bisa selalu memonitor di rumah. Kadang anak gejala mau sakit aku lagi enggak ada di rumah. Membawa dia ke dokter situasi enggak memungkinkan," tutur BCL.

Namun, melalui platform layanan kesehatan digital, dia bisa berkomunikasi dengan dokter tanpa harus pergi ke klinik sang dokter. Hal ini bisa membantu menenangkan dirinya, ditambah adanya layanan pengantaran obat.

Dalam kesempatan itu, dr. Iman Teguh Badruzzaman selaku dokter mitra Halodoc, mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi juga bisa memberikan kesempatan bagi para tenaga kesehatan memperluas akses kesehatan bagi masyarakat, sekaligus menyampaikan informasi kesehatan yang benar.

Apalagi merujuk ada data Kementerian Komunikasi dan Informatika sepanjang Agustus 2018-Februari 2019 menunjukkan hoaks terkait kesehatan menjadi salah satu setelah hoaks tertinggi setelah hoaks politik.

Baca juga: BCL ungkap BJ Habibie sebagai sosok pria luar biasa

Baca juga: Bunga Citra Lestari suka perhiasan klasik

Baca juga: Makna tahun 2018 bagi Bunga Citra Lestari

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019