Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah memfasilitasi keberangkatan jamaah calon haji setempat dengan menyediakan bus yang akan membawa mereka dari daerah itu menuju Embarkasi Haji Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kami berharap fasilitas bus yang disediakan ini hendaknya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sebagai sarana memudahkan dalam perjalanan jamaah calon haji," ucap Bupati Barito Timur Ampera A.Y. Mebas di Tamiang Layang, Jumat.

Bus yang disediakan pemkab setempat membawa jamaah calon haji dari kecamatan ke ibu kota kabupaten hingga Embarkasi Haji Banjarmasin.

Jamaah calon haji yang diberangkatkan tahun ini dari daerah setempat rencananya 26 orang. Mereka para calon haji yang  tertunda keberangkatan ke Tanah Suci dalam dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

Ia mengingatkan para calon haji menunaikan ibadah haji dengan sungguh-sungguh agar bisa menjadi haji yang mabrur.

"Saat COVID-19 melanda, pemerintah meniadakan ibadah haji dan hingga saat ini pun melakukan pembatasan kuota haji. Saya harap para jamaah bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini dengan sungguh-sungguh," kata Ampera.

Baca juga: Calon haji Kloter I Padang tiba di Asrama Haji Tabing

Ia juga meminta jamaah calon haji bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan manasik haji yang dilaksanakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, sehingga bisa melaksanakan ibadah haji secara khusyuk.

"Niatnya ke Tanah Suci Mekkah melaksanakan ibadah haji, bukan refreshing atau jalan-jalan," kata dia.

Kepala Kemenag Barito Timur Abdul Majid Rahimi meminta jamaah calon haji menjaga kesehatan hingga tiba di Tanah Suci Mekkah.

"Salah satu syarat wajib untuk para jamaah adalah PCR. Jadi jaga kesehatan, jika positif maka dikhawatirkan tidak bisa mengikuti ibadah haji," kata dia.

Dia menjelaskan Pemerintah Arab Saudi akan mengarantina para jamaah yang positif COVID-19 sehingga tidak bisa mengikuti proses ibadah haji secara tunai.

"Lebih baik menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat serta melaksanakan protokol kesehatan," demikian Majid.

Baca juga: Pemkab Batang ingatkan calon haji perbanyak konsumsi air
Baca juga: 372 calon haji Kabupaten Deli Serdang siap diberangkatkan
Baca juga: Jamaah calon haji kloter pertama Embarkasi Jakarta masuk ke asrama

Pewarta: Kasriadi/Habibullah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022