Indeks STOXX 600 pan-Eropa merosot 0,6 persen pada pukul 08.15 GMT
Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa mundur pada awal perdagangan Jumat, dan siap menghentikan kenaikan beruntun tiga hari karena para pedagang mengukur prospek pengetatan kebijakan moneter global yang berkepanjangan, sementara perkiraan buruk produsen sepatu Jerman Adidas juga meredam sentimen.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa merosot 0,6 persen pada pukul 08.15 GMT, setelah menyentuh level tertinggi hampir satu tahun pada Kamis (9/2/2023) karena banyaknya laporan laba perusahaan yang optimis memberikan penyemangat untuk sentimen berisiko.

Sektor ritel dan sumber daya dasar, masing-masing turun sekitar 1,0 persen, berkinerja terburuk di antara indeks sektor.

Baca juga: Saham Eropa dibuka tertinggi dalam 9 bulan dipicu peningkatan laba

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi didukung isyarat positif dari Powell


Pembuat peralatan pertahanan Swedia Saab melonjak 8,8 persen ke puncak indeks STOXX 600 karena laba operasi kuartal keempat yang lebih tinggi. Membantu sentimen, perusahaan juga memperkirakan penjualan organiknya tumbuh 15 persen pada tahun 2023 dan laba operasional meningkat lebih cepat dari pendapatan.

Saham Adidas turun 9,4 persen dan berada di jalur penurunan satu hari tertajam dalam 11 bulan di tengah ekspektasi penurunan satu digit yang tinggi pada penjualan 2023, juga menurunkan rekannya Puma SE sebesar 2,0 persen.

Standard Chartered Inggris terpuruk 5,7 persen dan berada di jalur penurunan satu hari tertajam dalam enam bulan setelah First Abu Dhabi Bank, pemberi pinjaman terbesar Uni Emirat Arab, mengatakan saat ini tidak mengevaluasi tawaran pembelian.

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah, BP pimpin sektor energi lebih tinggi

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah terseret ekuitas pembuat tembaga Aurubis

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023