Mentok, Babel (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan patroli untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman dan lancar menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Patroli yang melibatkan para personel Satuan Lalu Lintas kami tingkatkan, terutama di lokasi-lokasi rawan kecelakaan, rawan pelanggaran, tempat keramaian dan kawasan Pelabuhan Tanjungkalian guna menciptakan keamanan, ketertiban, kelancaran dan keselamatan berlalu lintas," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Kamis.

Menurut dia, kehadiran polisi di tengah masyarakat dan di sejumlah ruas jalan rawan kecelakaan ini diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengendara yang melintas.

"Kehadiran personel di tengah masyarakat juga akan mampu mengurangi risiko kemungkinan terjadinya kecelakaan yang disebabkan faktor manusia," katanya.

Selain itu, kata dia, kecelakaan lalu lintas bisa juga disebabkan oleh faktor alam, seperti yang terjadi saat musim penghujan seperti saat ini yang mengakibatkan jalan menjadi licin.

Melalui kegiatan patroli di lokasi rawan diharapkan bisa meningkatkan kesadaran warga pengguna kendaraan bermotor untuk selalu hati-hati, terutama saat terjadi hujan.

Kepala Satlantas Polres Bangka Barat AKP M. Hardi mengingat para pengguna kendaraan bermotor untuk selalu waspada di musim penghujan karena sering terjadi kecelakaan yang bisa mengakibatkan korban jiwa.

"Kami selalu berupaya memberikan rasa aman terhadap pengguna jalan, maka dari itu kami lebih memfokuskan untuk melaksanakan patroli dan pengawasan lokasi tingkat kerawanan tinggi," kata Hardi.

Personel Satlantas juga menjalankan tugas patroli pada jam-jam rawan agar arus lalu lintas terjaga lancar, tertib dan aman sehingga bisa terhindar dari kecelakaan.

"Menjelang bulan puasa seperti saat ini aktivitas masyarakat semakin meningkat, kami harapkan kehadiran para personel bisa mengurangi terjadinya pelanggaran dan kecelakaan di daerah ini," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023