Kendalanya apa dan Pak Kanwil sudah siap melakukan jemput bola, sehingga jamaah yang masuk tahun ini bisa berangkat semua
Batam (ANTARA) - Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq menilai Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), telah siap mendukung pelaksanaan Ibadah Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Kami dari Komisi VIII melihat kesiapan keberangkatan haji sudah sangat siap, asrama hajinya juga representatif. Tentu dukungan dari Pemkot Batam, membuat kami semakin apresiasi karena didukung secara penuh," kata Maman usai melakukan peninjauan Asrama Haji Kota Batam, Kamis.

Lebih lanjut ia menyebutkan Indonesia mendapatkan kuota tambahan sebanyak 8.000 orang dan Kepri kebagian 47 dari kuota tambahan tersebut.

Baca juga: Kemenag: Masa tunggu keberangkatan haji di Kepri 22 tahun
Baca juga: Kota Batam dapat kuota tambahan 27 calon haji


Karena itu pihaknya meminta kepada Kementerian Agama (Kemenag) setempat agar melakukan sistem jemput bola terkait pelunasan biaya haji bagi jamaah yang belum melunasi hal tersebut.

"Yang justru kami tekankan di sini adalah menjemput bola bagi beberapa jamaah yang seharusnya sudah melunasi, tapi ternyata belum melunasi. Kendalanya apa dan Pak Kanwil sudah siap melakukan jemput bola, sehingga jamaah yang masuk tahun ini bisa berangkat semua," ujar Maman Imanulhaq.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto mengatakan hingga saat ini seluruh kesiapan petugas hingga fasilitas telah dilaksanakan, termasuk tahapan pendaftaran petugas haji tambahan melalui CAT.

Baca juga: 1.200 calon haji Kepri dijadwalkan berangkat pada tahun 2023

"Kesiapan petugas sudah dilaksanakan, rekrutmen petugas melalui CAT, dan dilakukan verifikasi secara nasional melalui aplikasi Pustaka Super Apps," ujar dia.

Mahbub menyebutkan buku manasik haji juga tersedia di aplikasi Pustaka Super Apps.

"Jadi jamaah tidak perlu cari-cari buku manasik haji tinggal download saja. Mau cek kuota haji, pengurusan nikah, pelayanan agama lainnya, sudah ada di situ semua, termasuk sertifikasi halal," kata dia.

Baca juga: BPIH 2023 Embarkasi Hang Nadim Batam Rp87,6 juta

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023