STOXX 600 turun sekitar 1,0 persen pada Selasa (1/8/2023), hari terburuk dalam hampir sebulan...
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa jatuh ke dekat posisi terendah dua minggu pada awal perdagangan Rabu, dengan saham teknologi dan otomotif memimpin kerugian, karena investor di seluruh dunia meninggalkan aset-aset berisiko setelah penurunan peringkat kredit AS yang mengejutkan oleh Fitch.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 1,1 persen pada pukul 07.08 GMT, menyentuh level terendah sejak 20 Juli.

Pasar berjangka AS turun lebih dari setengah persen dan harga obligasi naik setelah lembaga pemeringkat Fitch pada Selasa (1/8/2023) menurunkan peringkat utang AS, mengutip penurunan fiskal selama tiga tahun ke depan dan berulang kali negosiasi plafon utang yang mengancam kemampuan pemerintah untuk membayar tagihannya.

STOXX 600 turun sekitar 1,0 persen pada Selasa (1/8/2023), hari terburuk dalam hampir sebulan, setelah data aktivitas pabrik yang lemah di seluruh dunia menimbulkan kekhawatiran perlambatan ekonomi.

Di antara saham individu, pembuat perangkat medis AS-Jerman Siemens Healthineers anjlok 5,4 persen setelah membukukan penurunan tak terduga dalam laba operasi triwulanan karena berkurangnya permintaan tes COVID-19 dan penundaan pengiriman di spesialis pengobatan kanker Varian.

Rumah mode Jerman Hugo Boss merosot 4,1 persen bahkan saat perusahaan menaikkan prospek setahun penuh.

Baca juga: Saham Eropa dibuka tergelincir karena aktivitas pabrik Asia melemah
Baca juga: Saham Eropa dibuka datar jelang rilis data inflasi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023