Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa kesulitan menentukan arah pada awal perdagangan Jumat, karena dukungan dari saham-saham energi dan pertambangan diimbangi oleh lemahnya kinerja produsen tembaga Jerman Aurubis menyusul peringatan laba dan Volkswagen setelah penurunan peringkat dari broker.

Pada pukul 07.11 GMT, indeks STOXX 600 pan-Eropa diperdagangkan datar di 457,9 poin, namun berada di jalur kenaikan mingguan kedua, jika tren tersebut bertahan.

DAX Jerman turun 0,2 persen karena Aurubis merosot 18 persen, setelah produsen tembaga terbesar di Eropa itu mengatakan pihaknya tidak akan mencapai prospek laba setahun penuh setelah mengidentifikasi "perbedaan besar" dalam target persediaan.

Namun sektor pertambangan yang lebih luas menguat 0,7 persen setelah mengikuti kenaikan sebagian besar harga logam dasar.

Sektor minyak dan gas bertambah 1,6 persen karena harga minyak mentah naik di tengah pengetatan pasokan dan ekspektasi bahwa kelompok produsen minyak OPEC+ akan memperpanjang pengurangan produksi hingga akhir tahun.

Saham Volkswagen AG tergelincir 2,5 persen setelah UBS menurunkan peringkat produsen mobil Jerman itu menjadi "jual" dari "netral".

Fokus investor tertuju pada data aktivitas pabrik zona euro untuk Agustus guna mengukur prospek Bank Sentral Eropa mengenai suku bunga, yang akan mengadakan pertemuan berikutnya dalam dua minggu.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi terangkat sektor keuangan

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi jelang data ekonomi utama

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023