Pada pukul 07.10 GMT, indeks STOXX 600 pan-Eropa naik tipis 0,1 persen, namun kehilangan lebih dari 2,0 persen sepanjang bulan ini
Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih tinggi pada Kamis, karena sektor keuangan mendapat dorongan dari keputusan pemberi pinjaman Swiss UBS untuk mengambil bank domestik Credit Suisse, sementara investor bersiap untuk serangkaian data ekonomi utama yang akan dirilis hari ini.

Pada pukul 07.10 GMT, indeks STOXX 600 pan-Eropa naik tipis 0,1 persen, namun kehilangan lebih dari 2,0 persen sepanjang bulan ini.

Saham UBS Group melonjak 6,3 persen, mencapai level tertinggi sejak akhir tahun 2008, setelah bank tersebut juga mengatakan pihaknya meningkatkan ambisinya untuk penghematan biaya hingga lebih dari 10 miliar dolar AS di seluruh grup.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi jelang data ekonomi utama

Indeks sektor jasa keuangan yang lebih luas bertambah 1,4 persen.

Yang menjadi perhatian investor adalah pembacaan awal inflasi zona euro, angka pengangguran Jerman dan angka inflasi AS, dengan pertemuan kebijakan Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa yang dijadwalkan bulan depan.

Data awal resmi yang diselaraskan oleh Uni Eropa menunjukkan inflasi Prancis meningkat lebih dari yang diperkirakan pada Agustus.

Di antara saham individu lainnya, Pernod Ricard tergelincir 4,1 persen setelah pemilik sampanye Mumm dan Absolut vodka melaporkan hasil setahun penuh.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat dipimpin kenaikan sektor pertambangan

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat, langkah-langkah baru China angkat sentimen

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023