Jakarta (ANTARA) - Aktivitas yang berpusat di rumah membuat sebagian masyarakat punya waktu luang lebih banyak untuk memperhatikan perawatan kulit dan wajah, yang secara tidak langsung mendorong konsumsi produk kecantikan di e-commerce.

AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia, Jessica Stephanie Jap, memaparkan produk kecantikan yang laris manis saat pandemi.

“Pembersih wajah, paket perawatan wajah, serum, masker wajah dan krim wajah menjadi beberapa produk kecantikan paling laris di Tokopedia," kata Jessica dalam konferensi pers daring, Senin.

Baca juga: Tren dekorasi hingga "makeup" pernikahan di 2021

Baca juga: Animal Crossing punya lini makeup


Dia mengatakan, pada akhir 2020 tercatat peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir dua kali lipat. Sementara itu, transaksi pada kategori Health & Personal Care seperti sabun dan sampo naik hampir tiga kali lipat.

Sementara itu, produk-produk kecantikan yang laris manis berpusat kepada produk yang berfungsi untuk merawat wajah.

"Itu merepresentasikan gaya hidup orang Indonesia yang kebanyakan bekerja dari rumah, beli barang yang benar-benar dibutuhkan untuk keseharian."

Jessica optimistis penjualan produk kecantikan dan perawatan kulit akan tetap diminati tahun ini. Kehadiran vaksin yang sudah mulai diberikan kepada masyarakat secara bertahap, termasuk tenaga kesehatan dan orang lanjut usia, membawa angin segar. Kehadiran vaksin bisa membuat masyarakat lebih percaya diri dalam beraktivitas di luar rumah, juga kembali berdandan agar penampilan semakin menarik.

Tokopedia membuat "panggung" untuk para UMKM lokal di industri kecantikan untuk mempertahankan bisnis terutama di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi lewat Tokopedia Beauty Dealight yang berlangsung hingga 5 Maret 2021.

“Kampanye ini adalah upaya Tokopedia untuk mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan termasuk produk kecantikan,” jelas Jessica.

Pengguna bisa mengakses lebih dari 100 merek produk kecantikan, terutama dari pegiat usaha lokal juga mendapatkan promosi gratis ongkos kirim, peluncuran produk eksklusif hingga flash sale.

Baca juga: Cantik saat pakai masker, riasan mata jadi fokus

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021