Jakarta (ANTARA) - Perusahaan peritel kesehatan dan kecantikan internasional, A.S Watson menyatakan komitmennya untuk mempercepat target keberlanjutannya terhadap lingkungan untuk berkontribusi dalam mengatasi perubahan dan krisis iklim.

Baca juga: Naturals by Watsons hadirkan "personal care" kemasan daur ulang

A.S Watsons dalam siaran pers pada Sabtu menyatakan bahwa mereka telah mencapai target pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) pada akhir tahun 2021 sebesar 42 persen. Dengan hasil itu, mereka mengumumkan akan mempercepat target pengurangan emisi baru dengan rincian sebagai berikut:

Pertama, mengurangi emisi GRK scope 1 dan 2 sebesar 50 persen pada tahun 2030 dari titik mula pada tahun 2015. Kedua, mengurangi emisi GRK scope 3 dari pembelian barang dan jasa, transportasi hulu dan distribusi sebesar 58 persen dari nilai tambah ekonomi per dolar pada tahun 2030 dari titik awal tahun 2018.

Ketiga, menjanjikan bahwa 33 persen pemasoknya berdasarkan emisi yang mencakup pembelian barang dan jasa yang dibeli, transportasi hulu dan distribusi akan memiliki target berbasis sains (SBT) pada tahun 2027.

Baca juga: Watsons Indonesia-Good Doctor bermitra naikkan akses produk kesehatan

"Di A.S Watson, melakukan hal yang benar bagi pelanggan kami dan bumi ini pada hari ini dan esok, adalah tujuan kami," kata Malina Ngai, Group Chief Operating Officer A.S. Watson dan CEO A.S. Watson (Asia dan Eropa).

"Sustainability adalah perlombaan dengan banyak rintangan. Dibutuhkan tekad dan ketekunan untuk melewati rintangan tersebut. Kami tidak bisa melakukannya sendiri. Kami percaya kerja sama dengan bisnis partner dan pelanggan, kami dapat membuat dampak yang lebih besar bersama-sama," tutur Malina.

Malina menambahkan, selain memerangi perubahan iklim, Watson juga memperkuat komitmen terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNSDGs) dengan memperluas cakupan hingga 15 dari 17 UNSDG yang mencakup penggunaan energi bersih dan pengenalan perubahan iklim.

Baca juga: Watsons gelar rangkaian program ajak wanita lebih percaya diri
A.S Watson mempercepat target keberlanjutan untuk melawan krisis iklim (ANTARA/HO)

Baca juga: Naturals by Watsons hadirkan skincare berkonsep "clean beauty"

Gerai ramah lingkungan

A.S. Watson memahami untuk mengatasi perubahan dan krisis iklim bisa dimulai dari gerai penjualan. Untuk itu, mereka telah meluncurkan "Greener Stores Global Framework" untuk mempercepat transformasi ritelnya menuju toko dengan dampak lingkungan yang lebih rendah.

Mereka juga merancang jaringan listrik yang efisien karena 74 persen emisi GRK perusahaan berasal dari konsumsi listrik. A.S Watson juga meningkatkan efisiensi energi dengan menggunakan sumber daya terbarukan dalam menerapkan Greener Stores Global Framework.

A.S Watson juga telah menerapkan 100 persen listrik terbarukan untuk bisnisnya di tiga pasar utama Eropa, antara lain Superdrug, Savers, The Perfume Shop, Kruidvat, Trekpleister dan ICI PARIS XL di Inggris, Belgia, dan Belanda.



Baca juga: Cara Watsons sambut Harbolnas 11.11

Baca juga: Watsons dorong pola hidup sehat dengan "Get Active Challenge"

Baca juga: Cara Watsons Indonesia rayakan hari jadi ke-15

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022