Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,7 persen, dengan penambang dan otomotif memimpin kenaikan
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Selasa, ketika investor kembali dari liburan panjang akhir pekan untuk menghadapi minggu yang penuh dengan data ekonomi penting, termasuk inflasi Maret untuk Jerman dan AS, memberikan lebih banyak petunjuk tentang lintasan suku bunga global.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,7 persen, dengan penambang dan otomotif memimpin kenaikan, masing-masing naik 2,4 persen dan 1,9 persen.

Dana Moneter Internasional (IMF) akan merilis prospek terbaru untuk ekonomi global pada pukul 13.00 GMT di tengah pertemuan para pembuat kebijakan pada pertemuan Musim Semi Bank Dunia-IMF.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik, penambang imbangi kekhawatiran resesi AS

Investor juga akan memantau penjualan ritel zona euro untuk Februari dan indeks Sentix untuk April, yang akan dirilis hari ini, untuk menilai kesehatan situasi ekonomi di wilayah tersebut.

Glencore melonjak 3,6 persen karena bos utamanya berencana untuk bertemu dengan beberapa pemegang saham Teck Resources Ltd Kanada di Toronto Kamis (13/4/2023) untuk mendapatkan dukungan buat usulan pengambilalihan penambang tembaga dan seng tersebut.

Vodafone menguat 0,7 persen setelah perusahaan telekomunikasi besar itu menyelesaikan pemadaman yang berdampak pada ribuan pengguna layanan broadband rumahan di Inggris Raya, setelah berjam-jam terhenti.

Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah jelang data jasa-jasa zona euro

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat jelang laporan data inflasi zona euro

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023