Jakarta (ANTARA) - Sinar Mas melalui Sinar Mas Digital Day 2023 mendorong transformasi digital Indonesia lewat dunia bisnis dengan menyajikan berbagai macam inovasi termasuk menggelar sejumlah temu wicara bersama para pakar dan praktisi.

Baca juga: APKI: Industri pulp dan kertas perlu terapkan kegiatan berkelanjutan

Upaya Sinar Mas mendorong perkembangan ekosistem digital berlangsung lewat inovasi di setiap pilar usaha yang ada untuk mengadopsi inisiatif serta teknologi yang sesuai dengan karakteristik masing-masing bidang usaha.

Dalam praktiknya, transformasi digital berlangsung lewat kerjasama komersial maupun investasi langsung.

“Upaya membangun ekosistem digital yang kuat dan berorientasi pada manusia bertujuan agar lingkungan kerja kami semakin nyaman untuk berkarya, sehingga mendorong hadirnya lebih banyak lagi produk dan jasa yang semakin fungsional, efisien, mudah diakses, ramah pengguna, sekaligus ramah lingkungan,” kata Managing Director Sinar Mas Ferry Salman saat membuka mengawali Sinar Mas Digital Day, Senin.

Ferry menjelaskan agar transformasi digital bisa tercipta penting ada kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menunjang kebutuhan masyarakat baik itu sektor bisnis, pendidikan maupun hiburan.

Ekosistem digital yang sehat, menurutnya akan mampu menjaga kelangsungan usaha sekaligus membantu pemberdayaan masyarakat luas secara efisien, efektif.

Contohnya seperti yang dibangun Sinar Mas melalui perusahaan modal venturanya dan kerap berinvestasi pada sejumlah perusahaan rintisan.

Selain itu, Sinar Mas juga menggandeng lintas pihak, seperti KADIN Indonesia agar akselerasi dan pemerataan digitalisasi bisa terwujud lebih cepat untuk menaikkelaskan UMKM, dengan menggandeng mereka masuk menjadi bagian rantai pasok industri, memanfaatkan skema kemitraan inklusif.

"Kehadiran inovasi digital akan membantu UMKM mendapatkan akses pasar yang semakin luas, termasuk membukakan kesempatan meraih dukungan permodalan,"tambah Ferry.


Baca juga: Sinar Mas klaim pemberdayaan tani sawit tingkatkan produksi 14 persen

Baca juga: Sebanyak 520 petani sawit siap disertifikasi RSPO lewat Sawit Terampil

Baca juga: Sinar Mas Group siap berinvestasi di Shanghai dan seluruh pasar China
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023