Jakarta (ANTARA News) - Menari ternyata tidak hanya membuat badan lentur, namun aktivitas ini ternyata mampu meningkatkan fungsi otak.


Hal ini oleh dokter spesialis otak dari Rumah Sakit MRCCC Siloam, Dr. Roul Sibarani, SpS, dalam sebuah media edukasi tentang kineja otak di Jakarta, Jumat.


"Menari merupakan perpaduan antara mendengar, melihat, olah gerak dan mengingat gerakan," kata dia yang menambahkan kegiatan tersebut akan menstimulasi seluruh bagian otak.


Hal ini dikarenakan, sel otak yang berfungsi untuk mengatur gerak, pengelihatan, pendengaran dan memori, berada pada bagian yang berbeda.


"Karena letak sel otak yang berbeda itulah, seluruh sel otak akhirnya saling berinteraksi dan terstimulasi untuk terus meningkatkan kinerja," kata Roul.


Bila otak terus terstimulasi dengan baik, maka penyusutan otak dapat terhambat. Penyusutan otak sendiri dapat membuat kinerja otak turut melemah, sehingga mengakibatkan kepikunan serta melambatnya daya untuk berpikir.


"Sejak usia 20 tahun, otak akan menyusut sampai satu persen pertahun. Dengan gerakan seperti olah raga dan menari, maka penyusutan otak dapat diperlambat," kata Roul.


(M048)