Rabu, 1 Oktober 2014

Harga emas masih akan konsolidasi

Rabu, 25 Juli 2012 12:28 WIB | 2.715 Views
Harga emas masih akan konsolidasi
Ilustrasi - Emas (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)
potensi target kembali ke level 1.576.
Jakarta (ANTARA News) - Fase konsolidasi harga emas masih berlanjut dan harga emas berhasil "rebound" kembali ke area 1.584 setelah menyentuh area 1.568, Selasa.

"Ini menunjukkan fase konsolidasi masih berlanjut, resisten terdekat di kisaran 1.584-1.587," kata analis komoditas emas, Ariston Tjendra, dalam risetnya di Jakarta, Rabu.

Menurut Ariston, percobaan jual bisa dilakukan di sekitar level resisten tersebut dengan potensi target kembali ke level 1.576.

Data penting yang patut dicermati pada Rabu ini adalah data survei iklim bisnis Jerman oleh lembaga Ifo yang menyurvei mengenai kondisi bisnis di Jerman saat ini dan ekspektasi enam bulan ke depan, katanya.

Selama dua bulan berturut-turut, ujarnya, indeks ini mengalami penurunan dan bulan ini pun prediksinya di bawah data bulan sebelumnya, yaitu 104,8 berbanding 105,3.

Data lain yang perlu diperhatikan, lanjutnya, adalah data produk domestik bruto (PDB) Inggris. Data ini akan mempengaruhi persepsi pelaku pasar tentang situasi ekonomi saat ini, karena Inggris yang merupakan salah satu negara maju dan dekat dengan kawasan Eropa yang terkena krisis. PDB kuartal II diprediksi mengalami kontraksi 0,2 persen.

Ia juga menjelaskan bahwa pelaku pasar juga masih mendapatkan sentimen negatif dari perkembangan situasi krisis utang Eropa terkini, yakni isu Yunani yang kemungkinan perlu mendapatkan restrukturisasi utang tambahan dan yield obligasi Spanyol tenor 10 tahun yang meroket di atas 7 persen dan kini menyentuh 7,6 persen.

Sementara itu, harga emas ditutup melemah Selasa setelah investor khawatir dengan penurunan prospek peringkat utang pemerintah di sejumlah negara zona euro, selain juga akibat dari berlanjutnya penguatan dolar AS. Emas untuk pengiriman Agustus melemah 1,20 dolar AS, atau 0,1 persen, menjadi 1.576,20 dolar AS per troy ons di Comex, divisi dari New York Mercantile Exchange.

 (KR-IAZ)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga