Jumat, 31 Oktober 2014

Kadin: sektor keuangan bertumbuh cukup solid

| 1.441 Views
id stabilitas keuangan, kinerja perbankan, perbankan nasional, kadin, Rosan P Roeslani
Kinerja sektor perbankan sampai dengan pertengahan tahun ini menunjukkan stabilitas yang tetap terjaga dengan fungsi intermediasi semakin kuat dalam mendukung pembiayaan perekonomian,"
Jakarta (ANTARA News) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai sektor keuangan merupakan sumber likuiditas bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kinerja sektor perbankan sampai dengan pertengahan tahun ini menunjukkan stabilitas yang tetap terjaga dengan fungsi intermediasi semakin kuat dalam mendukung pembiayaan perekonomian," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial, Rosan P Roeslani, di Jakarta, Jumat.

Berbagai indikator kinerja industri perbankan, menurut Rosan, menunjukkan perkembangan yang cukup solid.

"Kinerja perbankan tercermin dari tingginya rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio) di atas minimum 8 persen dan terjaganya rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan) `gross` di bawah 5 persen. Intermediasi perbankan juga terus membaik, tercermin dari pertumbuhan kredit hingga akhir Juni 2012 mencapai 25,8 persen," paparnya.

Kredit investasi pada tahun ini, lanjut Rosan, diperkirakan tumbuh 29,1 persen, sedangkan kredit modal kerja dan kredit konsumsi masing-masing tumbuh sebesar 28,2 persen dan 19,6 persen.

"Dengan berbagai perkembangan di industri perbankan ini, diharapkan kapasitas perekonomian ke depan dapat semakin meningkat," ujarnya.

Rosan menyebutkan di luar perbankan, pasar modal dan lembaga keuangan non bank juga merupakan bagian dari sektor keuangan yang menyediakan alternatif sarana investasi dan perencanaan keuangan bagi masyarakat yang menunjukkan kinerja yang cukup baik.

"Secara umum, kinerja pasar modal maupun lembaga keuangan non bank hingga semester I 2012 juga menunjukkan perkembangan yang berarti. Pada Juli 2012, IHSG tercatat mengalami kenaikan sebesar 4,7 persen ke level 4.142,34 dibandingkan dengan bulan sebelumnya," tandasnya.
(KR-SSB/S006)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga